XL Raih Mobile Service Provider of the Year dan Market Challenger of the Year

Mobile Service Provider

thePONSEL.com – Memasuki kuartal IV 2008, kinerja PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) kembali meraih pengakuan dari kalangan bisnis dan telekomunikasi. Kali ini, XL meraih penghargaan 2008 Frost & Sullivan Indonesia Telecoms Awards untuk dua kategori, yaitu Mobile Service Provider of the Year dan Market Challenger of the Year. Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Selasa (4/11).

”Ini penghargaan yang sangat berarti buat kami, yang akan mendorong lagi kinerja XL sehingga bisa menhadirkan layanan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara luas. Pencapaian XL tentunya merupakan hasil dari kerja keras seluruh karyawan kami dalam upaya menghadirkan layanan yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat luas,” tandas Hasnul Suhaimi.

Penyelenggara event ini adalah Frost & Sullivan, sebuah serikat konsultan yang mempunyai perhatian khusus pada bidang telekomunikasi.

Menurut dewan juri, XL pantas mendapatkan penghargaan kategori Mobile Service of the Year karena XL memiliki kinerja finansial dan operasional yang sangat bagus sepanjang 2007/2008, di mana secara jelas menunjukkan pertumbuhan yang positif hingga Juni 2008.

Baca juga:   POCO F5 dan POCO X5 Pro 5G Resmi Hadir di Indonesia, Cek Harganya!

XL menunjukkan peningkatan pertumbuhan jumlah pendapatan 59% sedangkan pertumbuhan EBITDA adalah 68% per Juni 2008 dibandingkan dengan tahun lalu untuk periode yang sama.

Sementara itu jumlah pelanggan meningkat menjadi 22,9 juta pelanggan per Juni 2008 dari sebelumnya 10,2 juta per Juni 2007.

Selain itu, sebagai hasil dari penerapan strategi kami yang menawarkan tarif murah, pemakaian layanan XL pun meningkat sehingga Total Outgoing Minutes of Usage naik secara signifikan, yaitu lebih dari 10 kali lipat antara Juni 2007 (1,7 milyar menit) – Juni 2008 (19,3 milyar menit).

“Ketepatan XL dalam perencanaan dan eksekusi strategi bisnis dan tarif pada periode setahun terakhir sangat berperan pada pencapaian dalam berbagai sisi bisnis industri telekomunikasi Indonesia, terutama pada peningkatan market share jumlah pelanggan maupun pendapatan sekitar 4% untuk semester I tahun 2008. Apa yang dilakukan XL dengan tarif murah, telah menandai awal dari model komunikasi tarif murah dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” kata Jeff Teh, analis industri Frost & Sullivan yang terlibat dalam proses penelitian dan penjurian.

Sementara itu, penghargaan Market Challenger of the Year diberikan kepada XL atas pertimbangan agresifitas XL dalam menerapkan strategi tarif, yang menjadikannya sebagai market challenger di tengah persaingan sengit para operator selular Indonesia.

Baca juga:   IM3 Hadirkan Kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet di Bulan Ramadan

Apa yang dilakukan XL kemudian diikuti oleh pasar, bukan hanya dalam menurunkan tarif voice dan SMS, tetapi juga pada penerapan strategi inovatifnya.

“XL berhasil membuktikan strateginya. Meskipun dengan tarif murah ARPU menjadi rendah, namun ternyata strategi ini tetap mampu meningkatkan pertumbuhan yang signifikan pada jumlah pelanggan baru, pendapatan, Outgoing Minutes, EBITDA, dan terutama pada kenaikan market share. Frost & Sullivan percaya, kombinasi antara penerapan strategi target pemasaran berbasis segmen dan keputusan untuk melakukan ekspansi jaringan merupakan penentu utama keberhasilan XL,” jelas Jeff Teh.

Menurut Jeff Teh, kondisi industri telekomunikasi Indonesia cukup unik dan banyak sekali tantangannya antara lain kondisi geografi yang sangat luas dan beragam, pendapatan perkapita penduduk yang rendah, dan lebih dari 10 operator yang menawarkan layanan yang beragam dan inovasinya masing-masing.

Baca juga:   Ini Dia Keunggulan dan Fitur Baru ColorOS 12 OPPO

Dalam persaingan yang cukup ketat tersebut, XL telah berhasil mempengaruhi pasar dengan strategi tarif terjangkaunya.

Dengan diraihnya penghargaan 2008 Frost & Sullivan Indonesia Telecoms Awards ini, sejak awal 2008 XL telah meraih tidak kurang dari 22 penghargaan yang diberikan oleh berbagai kalangan dan untuk berbagai kategori.

Penghargaan yang terakhir diterima XL adalah Marketing Award 2008 dari majalah Marketing, kategori Best Innovation in Marketing and Best Campaign, pada September 2008.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments