ASUS ROG Umumkan 4 Motherboard Intel Z790 Terbaru

ASUS Z790 Motherboard Terbaru

thePONSEL.com — ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan kehadiran empat motherboard Intel Z790 terbaru, yaitu: ROG Maximus Z790 Formula, ROG MAXIMUS Z790 Apex Encore, ROG Strix Z790-E Gaming WiFi II, dan ROG STRIX Z790-F Gaming WiFi II.

Motherboard tersebut melengkapi tiga model motherboard Z790 sebelumnya yang diumumkan di Gamescom, yaitu: ROG Maximus Z790 Dark Hero, ROG STRIX Z790-A Gaming WiFi II, dan TUF Gaming Z790-Pro WiFi.

Tujuh motherboard ini mendukung prosesor Intel Core Generasi ke-14, Generasi ke-13, dan Generasi ke-12.

Setiap motherboard dibekali dengan PCIe 5.0, dukungan memori DDR5, peningkatan konektivitas, kemampuan penyesuaian kinerja, solusi pendinginan yang efisien, fitur DIY-friendly, dan berbagai fitur lainnya.

Soket CPU Intel LGA 1700

Prosesor Intel Core generasi ke-12 dan ke-13 telah dikenal dapat dipasang pada soket LGA 1700.

Dengan soket LGA 1700, pengguna dapat merakit PC dengan leluasa menggunakan motherboard Z690 atau Z790 sekaligus memilih berbagai opsi CPU.

Kemampuan LGA 1700 tidak hanya terbatas pada prosesor Intel Core generasi ke-13, sehingga dapat dikatakan era LGA 1700 belum berakhir.

 Soket LGA 1700 juga akan kompatibel dengan prosesor Intel Core Generasi ke-14.

Artinya, pengguna akan memiliki banyak opsi ketika berencana untuk merakit PC terbaru atau memperbarui rakitan PC yang sudah ada.

Pengguna dapat meningkatkan motherboard yang mereka miliki untuk mendapatkan jaringan berkinerja tinggi, konektivitas yang melimpah, dan optimasi solusi daya dengan motherboard ASUS Z790 terbaru.

Selain itu, pengguna juga tetap dapat menggunakan motherboard Z690 atau Z790 yang teruji tangguh saat menggunakan prosesor Intel Gen ke-14.

Mereka hanya perlu memperbarui BIOS motherboard tersebut agar dapat menikmati kompatibilitas prosesor Intel mendatang secara penuh.

Bandwidth tingkat lanjut dengan WiFi 7

Empat motherboard ROG Z790 terbaru ini dilengkapi Intel WiFi 7 agar pengguna dapat memanfaatkan potensi standar nirkabel terbaru secara penuh ketika dipasangkan dengan router WiFi 7.

ASUS juga memperkenalkan WiFi Q-Antenna agar pengguna mendapatkan koneksi WiFi 7 yang maksimal.

WiFi Q-Antenna hadir dengan desain hardware terbaru seperti optimasi sirkuit ke PCB serta peningkatan konektor pin bagian dalam untuk meningkatkan throughput sinyal pada band 5 GHz dan 6 GHz.

Desain satu langkah pengaturan mempermudah pengguna ketika ingin menghubungkan perangkat tanpa harus melakukan apa pun.

Karena WiFi Q-Antenna ini adalah directional antenna, kami membekalinya dengan tool di aplikasi Armoury Crate untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sinyal dengan cara menyesuaikan posisinya yang mudah.

Direction Finder adalah tool untuk mendeteksi kekuatan sinyal dan mengidentifikasi posisi ideal antena hanya dalam beberapa langkah, sedangkan Fast Check adalah tool untuk memeriksa kekuatan sinyal dan memastikan koneksi terbaik dengan cepat.

DIMM Flex maksimalkan kinerja dan stabilitas memori.

Motherboard Z790 terbaru dari ROG Maximus dan ROG Strix menghadirkan upaya optimasi memori yang lebih baik melalui DIMM Flex.

Sama halnya seperti CPU dan GPU, modul memori DDR5 juga mengeluarkan panas ketika berada di bawah beban terutama ketika di-overclock.

Pengguna bisa saja tidak mendapatkan kinerja penuh dari RAM DDR5 jika panas tersebut tidak ditangani secara efektif.

Oleh karena itu, DIMM Flex akan menyesuaikan kontroler memori berdasarkan suhu memori terkini secara dinamis untuk mengoptimalkan kinerja sekaligus memastikan stabilitas.

Baca juga:   Jabra Move, Wireless Headphone Bersuara Jernih Seharga Rp 1,2 Jutaan

DIMM Flex akan menggunakan data suhu secara real-time dari sensor termal terintegrasi yang terletak di dekat slot memori untuk melakukan penyesuaian frekuensi.

DIMM Flex memiliki dampak yang besar pada aplikasi yang sangat membutuhkan memori.

Pada game Metro Exodus misalnya, ASUS menemukan bahwa DIMM Flex meningkatkan FPS rata-rata sebesar 16% dibandingkan pengaturan dasar dari XMP.

DIMM Flex dapat diatur dengan sangat mudah — klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai DIMM Flex.

Kemudahan Optimasi Memori dengan AEMP II

Beberapa waktu yang lalu, para perakit PC memperdebatkan apakah lebih baik memilih RAM DDR4 yang terjangkau atau RAM DDR5 yang berkinerja tinggi untuk dipakai di sistem mereka.

Kini, setelah pasar DDR5 berkembang dan berbagai kit memori tersedia dengan harga yang semakin menarik, pengguna semakin sulit untuk mengabaikan potensi kinerja memori generasi berikutnya.

Kreator konten, gamer, engineer yang bekerja dengan dataset besar, serta multitasker akan merasakan manfaat dari CPU dengan jumlah core tinggi sekaligus memiliki kinerja multi-threaded yang luar biasa.

Selain itu, DDR5 juga lebih cocok dipasang untuk prosesor Intel Core Generasi-14 dibanding DDR4.

Untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan kit memori dengan kecepatan tinggi, semua motherboard ASUS Z790 yang memiliki dukungan DDR5 dibekali dengan akses profil AEMP II.

Dibangun melalui metode pelatihan yang fleksibel, profil AEMP II ini memudahkan pengguna untuk mengatur memori mereka di atas pengaturan dasar dengan tetap mempertahankan operasi sistem yang stabil.

Dengan AEMP II, pengaturan optimasi memori dapat dilakukan hanya dengan sekali klik, baik untuk memaksimalkan modul entry-level atau menyiapkan kit berkecepatan tinggi untuk mendapatkan kinerja terbaik.

Sekarang, AEMP II menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Dengan pembaruan firmware terbaru,

AEMP II memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan kinerja konfigurasi RAM DDR5 empat DIMM, bahkan dengan kombinasi berbagai merek dan bentuk.

Pengguna juga dapat meningkatkan kapasitas memori dengan menambahkan DIMM tambahan dengan lebih mudah.

Dengan AEMP II, pengguna dapat memperoleh kinerja memori yang optimal meskipun menggunakan modul memori yang berbeda.

Fitur DIY-friendly mempermudah perakitan PC

Ketika merancang komponen PC, kami berusaha untuk membuat proses perakitan PC menjadi lebih mudah.

Inovasi ASUS Q-Design eksklusif di seluruh lini produk ASUS Z790 menyederhanakan dan mempersingkat proses perakitan dan pembaruan PC.

Kartu grafis canggih yang ada saat ini sering kali memiliki solusi pendinginan yang tangguh dan backplate yang kokoh.

Sebetulnya dua hal tersebut bagus untuk kinerja, tetapi, di sisi lain keduanya dapat menghalangi pelepasan pengunci PCIe.

Tombol ASUS PCIe Slot Q-Release memudahkan pengguna dalam melepaskan kartu grafis dari slot dengan sekali tekan.

ASUS pertama kali meluncurkan fitur ini pada motherboard Z690 kelas atas dan dengan bangga memasangkannya pada model TUF Gaming mainstream.

Senada dengan hal di atas, desain slot DIMM tradisional mengharuskan pengguna untuk mengunci kedua sisi memori.

Pengguna yang memiliki jari cukup besar seringkali merasa kesulitan untuk membuka pengait yang sangat dekat dengan kartu grafis.

Oleh karena itu, ASUS juga telah menyertakan desain satu pengait Q-DIMM di berbagai motherboard Z790-nya.

Baca juga:   SPC P3, Tablet ICS Lokal Layar 9.7 Inci Prosesor 1GHz

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu bersusah payah melepas kait yang mungkin terlalu dekat dengan kartu grafis mereka.

Hanya perlu satu kait di sisi yang paling mudah dijangkau pada slot DIMM untuk menahan modul memori dengan kuat di tempatnya. Sekarang, memasang modul — dan meningkatkannya — jauh lebih mudah.

Motherboard ASUS Z790 terbaru bahkan membantu pengguna yang tidak dapat memasang modul memori dengan benar dengan menghadirkan Indikator Q-LED.

Indikator Q-LED akan menyala — bahkan sebelum booting — untuk memberi tahu pengguna bahwa modul memori tidak terpasang dengan benar.

ASUS juga telah menyederhanakan proses pemasangan drive M.2 dengan menghadirkan M.2 Q-Latch.

M.2 Q-Latch memberikan kenyamanan kepada pengguna karena mereka tidak perlu berurusan dengan baut M.2 yang kecil dan mudah hilang.

Sekarang, mereka dapat mengencangkan atau melonggarkan drive M.2 hanya dengan ujung jari mereka.

Pengguna akan menemukan M.2 Q-Latch di setiap motherboard ROG Maximus, ROG Strix, dan TUF Gaming Z790.

Keunggulan pendingin air: ROG Maximus Z790 Formula 

Pengguna yang berencana merakit PC dengan pendingin cair khusus atau mempertimbangkan merakit komponen bertema putih wajib rasanya untuk melihat ROG Maximus Z790 Formula.

Permukaan berwarna putih polos di seluruh heatsink dan shroud I/O terintegrasi memberikan tampilan menawan dengan aksen dari tampilan layar OLED di heatsink yang dapat disesuaikan untuk slot M.2 pusat.

VRM HybridChill terbaru yang terbuat dari tembaga menawarkan pendinginan pasif yang memukau sekaligus dapat disambungkan ke sistem pendingin khusus untuk mendapatkan daya pendinginan yang lebih besar.

Sebagai motherboard ROG Maximus, ROG MAXIMUS Z790 Formula menghadirkan serangkaian fitur yang sangat menarik.

Pengguna dapat menemukan sepasang port Thunderbolt 4 dan sejumlah port USB berkecepatan tinggi di rear panel.

WiFi 7 dan port Ethernet 5 Gbps juga dihadirkan untuk memberikan jaringan dengan bandwidth tinggi yang kuat.

Terakhir, solusi audio ROG SupremeFX menghasilkan suara yang jernih untuk memberikan pengalaman gaming yang memuaskan.

Memory Overclocking Powerhouse : ROG Maximus Z790 Apex Encore

Saat overclocker profesional mencari motherboard sebagai platform untuk memaksimalkan kinerja memori yang memecahkan rekor, mereka sering kali memilih motherboard ROG Maximus Apex .

ROG Maximus Z790 Apex telah membantu tim overclocking ASUS Republic of Gamers mendorong CPU Intel melewati batasan 9 GHz.

Kini, ASUS bersiap mengikuti putaran kedua menggunakan ROG Maximus Z790 Apex Encore.

Solusi daya yang kuat dari motherboard ini menyediakan platform kelas atas untuk menyuguhkan kinerja yang luar biasa.

Daya akan masuk ke board melalui konektor daya 8+8 ProCool II.

Pin kokoh pada konektor ini menawarkan kontak yang lebih baik dengan colokan power supply, pembuangan panas yang lebih baik, serta lebih andal dibanding hardware biasa.

24-phase Vcore dan 2-phase VCCAUX teamed power stage yang dinilai hingga 105 ampere memberikan daya yang stabil ke CPU, sedangkan heatsink VRM yang kokoh menjaga sirkuit tetap dingin saat bekerja di bawah tekanan.

Melalui ROG Maximus Z790 Apex Encore, ASUS memperkenalkan cara baru untuk mengeluarkan kinerja penuh dari hardware PC pengguna.

ASUS menghadirkan ROG DDR5 Fan Kit agar pengguna dapat mempertahankan suhu memori tetap rendah dengan kipas berkinerja tinggi yang diarahkan ke seluruh slot memori.

Baca juga:   Sony SEL1224GM, Lensa Zoom Terlebar di Dunia dengan Diafragma F2.8

Solusi pendingin ini meningkatkan stabilitas DDR5 untuk mengeluarkan potensi overclocking memori.

Dengan kit yang tepat, pengguna dapat memperoleh kecepatan hingga 8400+ MT/s.

ASUS juga menghadirkan ROG Water Cooling Zone untuk memanjakan perakit PC yang menggunakan pendingin cair untuk mendinginkan suhu PC.

Header suhu air ganda dan header laju aliran pada ROG Water-Cooling Zone memberikan informasi langsung ke utilitas Fan Xpert 4 ROG yang intuitif sehingga pengguna tetap memiliki kendali terhadap panas dan tetap tenang di setiap pertandingan.

Di sisi lain, fitur intelligent control eksklusif dari ASUS memudahkan pengguna dalam mengoptimalkan pengalaman komputasi mereka.

AI Overclocking melakukan penyesuaian CPU untuk menghasilkan kinerja kelas atas hanya dengan beberapa klik saja.

Fitur ini menggunakan kontroler mikro onboard khusus untuk melacak suhu dan telemetri frekuensi, kemudian mmproses data tersebut melalui algoritma canggih yang dirancang oleh para ahli untuk melakukan overclock sistem.

Fitur AI Cooling II juga dihadirkan untuk memantau CPU dan menggunakan data dari stress test untuk menghitung kecepatan kipas terendah yang diperlukan untuk mendinginkan sistem secara efektif.

Untuk memastikan bahwa pengguna memiliki semua tool yang dibutuhkan untuk menguji dan memantau memori mereka,

ASUS membekalinya dengan langganan 1 tahun AIDA64 Extreme serta Memtest86 yang sudah diinstal di ROG UEFI (BIOS).

Standar gaming baru: ROG STRIX Z790-E Gaming WiFi II  

Motherboard ROG Strix mengambil DNA inti dari seri ROG Maximus yang diubah ke dalam desain yang lebih sederhana dengan performa gaming yang luar biasa dan gaya yang menonjol.

ROG STRIX Z790-E Gaming WiFi II adalah model dengan kinerja tertinggi dalam jajaran ini.

Dengan slot PCIe 5.0 x16 dan slot PCIe 5.0 M.2 onboard, ROG STRIX Z790-E Gaming WiFi II adalah motherboard ROG Strix yang wajib dimiliki jika pengguna menginginkan kartu grafis dan SSD terbaik saat ini dan di masa mendatang.

Motherboard ini menawarkan solusi daya yang tangguh untuk overclocking, WiFi 7, dan konektor front panel berkecepatan tinggi menggunakan port USB Type-C dengan Power Delivery 30 W dan pengisian daya cepat.

Perpaduan gaya dan kinerja yang tangguh: ROG STRIX Z790-F Gaming WiFi II 

Pengguna yang tertarik dengan gaya ROG Strix Z790-E Gaming WiFi II tetapi tidak membutuhkan slot PCIe 5.0 M.2 dapat mempertimbangkan ROG Strix Z790-F Gaming WiFi II.

Dalam banyak hal, ROG Strix Z790-F Gaming WiFi II sangat mirip dengan pendahulunya.

Motherboard ini menawarkan slot PCIe 5.0 x16 generasi terbaru,

WiFi 7, solusi audio ROG SupremeFX premium, dan total lima slot M.2 onboard.

Beberapa perubahan yang membedakan motherboard ini dari ROG Strix Z790-E Gaming WiFi II adalah semua slot M.2-nya menggunakan kabel untuk menghadirkan kecepatan PCIe 4.0, VRM-nya tidak memiliki banyak power stage seperti ROG Strix Z790-E Gaming WiFi II, dan port USB 10 Gbps di rear panel-nya tidak sebanyak pada ROG Strix Z790-E Gaming WiFi II.

Namun, dengan harga yang lebih murah, fitur-fitur tersebut menjadi pilihan menarik bagi perakit PC yang menginginkan kemewahan dengan fitur yang cukup.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments