Tingwu, Meeting Assistant Berbasis AI Besutan Alibaba Cloud

Tingwu

thePONSEL.com – Untuk menjawab kebutuhan dunia kerja yang menginginkan dukungan otomatis, Alibaba Cloud memperkenalkan Tingwu, sebuah meeting assistant bertenaga AI.

Tingwu dibuat oleh Speech Lab of Alibaba DAMO Academy (DAMO), sebuah inisiatif penelitian global dari Alibaba Group.

Teknologinya bekerja dengan mengonversi konten yang dibicarakan saat meeting ke dalam bentuk tulisan secara real time dengan tingkat akurasi 98%, memberikan sebuah pengalaman yang efisien bagi para penggunanya.

“Didukung oleh solusi pengenalan end-to-end kami, akurasi dan fitur canggih dari Tingwu menjadikannya alat yang sempurna bagi para pelaku bisnis ketika menyelenggarakan konferensi dan melakukan wawancara, baik online dan offline, di berbagai lokasi. Sebagaimana perusahaan terus menjalani kerja jarak jauh, Tingwu berada di posisi yang tepat untuk mengubah sebuah pertemuan bisnis menjadi lebih produktif dengan kemampuan transkripsi suara otomatisnya, yang mudah digunakan,” kata Zhijie Yan, Head of Speech Lab of Alibaba DAMO Academy.

Menggunakan algoritme milik DAMO untuk menganalisa voiceprints dan bearings, Tingwu yang akhirnya diperkenalkan di Apsara Conference tahun ini, mampu membedakan hingga 10 suara dari masing-masing peserta pertemuan (meeting).

Baca juga:   Kingston Luncurkan USB Drive Badminton Limited Edition di Indonesia

Asisten ini dilengkapi dengan microphone cerdas yang dapat menerima dan mengenali suara dengan mudah hingga jarak 10 meter sekaligus mengurangi background noise.

Tingwu didukung dengan kemampuan pengenalan suara otomatis, kemampuan untuk memproses Bahasa sehari-hari, dan teknologi deep technologies.

Baca juga:   HTC Kenalkan Smartwatch Perdananya di MWC 2016

Dukungan tersebut membuat Tingwu mampu memahami Bahasa Inggris dan Mandarin dengan 14 dialek Bahasa mandarin, dan juga dapat mengoreksi atau memperbaiki catatan secara otomatis sesuai dengan konteks keseluruhan dari sebuah pertemuan.

Asisten ini juga dapat mengatur catatan rapat sesuai dengan kata kunci (keywords), menghasilkan rangkuman, dan juga menuliskan langkah yang harus dilakukan selanjutnya.

Baca juga:   Sony Pasarkan SmartWatch 3 Edisi Stainless Steel Bulan Februari 2015

Di Tiongkok, Tingwu telah terintegrasi dalam DingTalk, sebuah kolaborasi platform digital yang diciptakan oleh Alibaba Group.

Fungsinya untuk meningkatkan efisiensi dari sebuah rapat di dalam platform tersebut, dengan membuat transkrip pembicaraan secara otomatis dan berbagi catatan dengan para peserta rapat.

“Fungsionalitas Tingwu akan terus berkembang, karena kami sekarang sedang mengembangkan model yang dapat memproses pembicaraan yang menggunakan bahasa campuran. Kami juga akan mengeksplorasi opsi bahasa tambahan untuk mempersiapkan Tingwu agar dapat digunakan di perusahaan multinasional dan juga di pasar luar negeri,” tambah Yan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments