ColorOS 13 Rilis Global, OPPO Reno8 Series Dapat Update Tahun Ini

OPPO ColorOS 13

thePONSEL.com – OPPO resmi merilis sistem operasi terbaru ColorOS 13 berbasis Android 13 secara global.

ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13 sekaligus memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang ringkas dan nyaman serta antar muka yang ramah pengguna.

Sistem operasi teranyar ini mencakup serangkaian fitur baru untuk koneksi multi-perangkat pintar untuk lebih meningkatkan produktivitas dengan pengalaman cerdas.

Antarmuka ringkas dan nyaman

Terinspirasi oleh air, OPPO telah memperkenalkan desain aquamorphic baru ke ColorOS 13 untuk menciptakan antarmuka yang fluid dan inklusif.

Aquamorphic Design

ColorOS 13 menampilkan palet tema baru yang terinspirasi oleh perubahan warna cahaya antara matahari terbit dan tenggelam di permukaan laut, sementara huruf baru disertakan untuk meningkatkan keterbacaan teks dalam berbagai bahasa.

Dengan peningkatan lainnya seperti Card-styled Layout, ColorOS 13 dirancang untuk menghadirkan pengalaman visual yang ringkas dan nyaman berdasarkan Aquamorphic Design.

ColorOS 13 juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih intuitif melalui integrasi efek aquamorfik yang berbeda ke dalam animasi sistem, UI, dan mesin animasi quantum dengan prediksi perilaku baru untuk memberikan kontrol penuh pengguna.

ColorOS baru ini juga dilengkapi dengan bahasa desain inklusif yang berpusat pada manusia, yang memperkenalkan Ilustrasi ruang kosong, tata letak adaptif untuk berbagai ukuran layar, dan ikon yang mudah dikenali untuk meningkatkan keterbacaan dan kemudahan penggunaan secara keseluruhan.

Selain itu, seri gambar Always-On Display baru disebut “Homeland”, menggambarkan kehidupan hewan liar di alam.

Eco-Friendly Always-On Display: “Homeland”

Animasi Always-On Display mengungkapkan perubahan di rumah tempat hewan hidup, berdasarkan perubahan suhu harian untuk meminta pengguna memperhatikan perubahan iklim dan bumi.

Performa fundamental ditingkatkan

ColorOS 13 menandai debut Dynamic Computing Engine, solusi teknis tingkat sistem OPPO yang dikembangkan sendiri untuk menghadirkan sistem yang lebih mulus dan stabil serta peningkatan menyeluruh untuk pengalaman pengguna.

Engine ini menghadirkan dua peningkatan besar pada ColorOS 13, termasuk peningkatan masa pakai baterai dan kemampuan untuk membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Dynamic Computing Engine

Dynamic Computing Engine meningkatkan penjadwalan sumber daya perangkat keras untuk memperpanjang masa pakai baterai dengan mencapai keseimbangan yang lebih baik antara kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah.

Sekaligus menjaga lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang, memungkinkan untuk beralih di antara beberapa aplikasi tanpa mengalami kelambatan saat beralih.

Fitur pintar baru

ColorOS 13 menyediakan fitur cerdas yang mencakup setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.

Smart Always-On Display di ColorOS 13 sekarang dapat menampilkan informasi yang terkait dengan musik dan aplikasi pengiriman, memberi pengguna akses lebih cepat ke informasi dan kontrol yang lebih nyaman atas pemutaran musik dan fungsi lainnya.

OPPO telah bermitra dengan penyedia perangkat lunak dan layanan terkemuka dunia termasuk Bitmoji dan Spotify, untuk memberikan berbagai pengalaman yang nyaman dan personal melalui Smart Always-On Display.

Berkat teknologi LTPO2.0 terdepan di industri, kecepatan refresh Always-On Display dikurangi menjadi hanya 1 hertz untuk menghemat konsumsi daya 30% pada beberapa skenario.

Smart Always-On Display: Spotify & Bitmoji

Fitur manajemen layar beranda pintar lainnya seperti folder besar (Large Folders), rak (Shelf), dan widget layar beranda (Home Screen Widget) akan membantu pengguna untuk mudah dan cepat mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan cara terbaik.

Baca:   Fitur Baru Telegram Mirip Discord

Rapat daring atau online meeting menjadi semakin umum setelah pandemi Covid-19, OPPO telah mengembangkan asisten rapat pertama di industri untuk smartphone yang dirancang khusus untuk rapat daring.

Meeting Assistant dapat secara otomatis memprioritaskan paket data nirkabel untuk menyediakan koneksi yang lebih stabil selama rapat daring.

Fitur ini juga menyederhanakan pemberitahuan untuk meminimalkan gangguan sambil memungkinkan pengguna untuk menambahkan pintasan OPPO Notes yang membantu membuat notulen rapat dengan Notes di jendela pop-up.

Salah satu pembaruan terbesar yang tiba di ColorOS 13 adalah pengalaman pengguna multi-perangkat yang ditingkatkan.

OPPO’s industry-leading LTPO2.0 technology: 1Hz Always-On Display

Multi-screen Connect kini mendukung konektivitas tanpa batas antara smartphone dan OPPO Pad Air, dan antara smartphone dan PC, meningkatkan produktivitas dan kenyamanan melalui file transfer yang mendukung lebih banyak format file tanpa batasan perangkat keras.

Multi-Screen Connect for OPPO Smartphone?OPPO Pad Air and PC

Pengguna yang menghubungkan ponsel cerdas mereka ke PC melalui Multi-screen Connect juga akan mendapat manfaat karena dapat menampilkan beberapa aplikasi seluler secara bersamaan di layar PC.

Privasi dan perlindungan keamanan sebagai prioritas

Privasi dan keamanan telah menjadi fokus utama ColorOS sejak awal. ColorOS 13 mengintegrasikan fitur perlindungan privasi yang mendasari Android 13.

Misalnya, sistem akan secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat, mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware.

Selain itu, dengan fitur Nearby Wi-Fi, pengguna dapat menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu.

Teknologi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO memainkan peran yang sama pentingnya dalam meningkatkan privasi dan keamanan.

Berdasarkan model algoritma perangkat, Auto Pixelate atau Pikselasi Otomatis dapat mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar obrolan secara otomatis dengan satu ketukan.

Private Safe atau Brankas Pribadi terbaru dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan/ Advanced Encryption Standard (AES) yang banyak digunakan untuk memberikan tingkat keamanan.

ColorOS 13 memberikan perlindungan privasi dan keselamatan yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

Pengalaman Android baru

OPPO telah bekerja sama dengan Google selama pengembangan ColorOS 13 untuk mengeksplorasi cara memberikan nilai baru pada pengalaman OS Android.

Smartphone lipat Find N dan smartphone unggulan Find X5 Pro diumumkan sebagai dua smartphone pertama di dunia yang menerima pembaruan Android 13 Beta.

OPPO juga telah meluncurkan versi pengembang ColorOS berdasarkan Android 13 Beta dan akan terus bekerja sama dengan Google untuk membangun ekosistem Android yang kaya.

Paket peluncuran ColorOS 13 dan kebijakan peningkatan

Untuk peluncuran global ColorOS 13, OPPO berencana untuk memperbarui hampir 35 model smartphone dalam setahun, yang mencakup lebih dari 60 negara dan wilayah, dan sebanyak 160 juta pengguna.

ColorOS 13 Based on Android 13 Beta Version Roll-out Timeline

Ini adalah rencana pembaruan terbesar yang pernah ada dalam sejarah ColorOS. Peluncuran ini akan dimulai dengan Find X5 Pro dan Find X5 dengan rilis resmi ColorOS 13 pada 18 Agustus lalu.

Sementara, Reno8 Series yang beredar di Indonesia yakni Reno8 Pro 5G akan mendapatkkan versi Beta pada September 2022, disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022.

OPPO kemudian akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments