Tips Jadi Full-Time Trader Handal dalam Transaksi Saham

Trader Saham Handal

thePONSEL.com – Hadirnya perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi digital dalam pasar modal Indonesia, seperti Ajaib, mendorong anak muda Indonesia untuk memulai investasi di Pasar Modal Indonesia.

Data Kustodian Efek Sentral Indonesia (KSEI) menunjukkan jumlah investor individu pasar modal Indonesia per akhir Juni 2023 mencapai 11,1 juta SID (Single Investor Identification), tumbuh sekitar 8,5% YtD.

Dari sisi demografi, sekitar 57% investor individual pasar modal berusia 30 tahun ke bawah.

Banyak dari investor baru ini yang tertarik untuk menjadi full-time trader.

Mengambil keuntungan dari pergerakan harga saham tentu sangatlah menguntungkan, jika dilakukan dengan benar.

Untuk menjadi full-time trader handal, seorang trader harus mengetahui tips-tips trading saham yang benar agar tidak salah langkah.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih memberikan panduan untuk menjadi full time trader dan menjadi trader handal dalam melakukan transaksi saham:

1. Menghimpun Modal yang Dibutuhkan

Sebelum memulai menjadi full-time trader ada baiknya untuk memenuhi dana setara pendapatan setara satu tahun terlebih dahulu.

Dana tersebut akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sandang, pangan, papan, dan cicilan hutang.

Tujuannya agar kamu tak terbebani oleh kebutuhan sehari-hari selama trading.

Baca juga:   4.000 Merchant Shopee Terima Pendanaan dari Modalku

Selain itu, kamu sebaiknya menyiapkan dana darurat setara sekitar 3-6 kali pengeluaran bulanan.

Dana darurat ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga seperti insiden kecelakaan, pengobatan, dan sejenisnya.

“Semakin besar jumlah dana darurat, maka makin “aman” lah kondisi keuanganmu dan makin stabil kondisi psikologis-mu saat memulai trading full-time. Setelah dana untuk kebutuhan setahun dan dana darurat itu tersedia, barulah kamu mulai menghimpun modal untuk trading saham,” kata Ratih.

2. Menyiapkan Strategi Saham

Sisihkan waktu dulu untuk mempelajari seluk-beluk trading saham.

Setidaknya, trader harus memahami analisis fundamental, teknikal dan memahami cara membaca sentimen pasar.

Trader dapat mulai bereksperimen trading saham dengan modal kecil terlebih dahulu di sekuritas favorit yang memiliki berbagai fitur trading untuk mendukung keputusan transaksi saham.

Trader dapat memanfaatkan berbagai fitur untuk trading yang diberikan sekuritas, seperti dari Ajaib Sekuritas yang memiliki fitur Xtra Day Trading .

Fitur tersebut memberikan tambahan modal atau XTRA Buying Power agar transaksi dan potensi profit harian lebih maksimal.

Selain itu ada juga fitur Margin Trading, yaitu fasilitas pinjaman dengan menjaminkan saham yang dimiliki untuk mendapatkan tambahan Buying Power hingga 2,85x modal.

“Sebelum melakukan Day Trading dan Margin Trading, sebaiknya trader memanfaatkan berbagai fitur analisis seperti stock screener, advance chart yang disediakan oleh Ajaib Sekuritas untuk menganalisis berbagai indikator dan sinyal bullish dan bearish,” kata Ratih.

3. Perhatikan Order Jual dan Beli

Perhatikan saham-saham yang memiliki ketimpangan sangat tinggi antara order beli jauh lebih banyak daripada jual.

Baca juga:   Jenius Hadirkan Beragam Kemudahan untuk Mendukung Traveling

Perhatikan transaksi order jual dan beli di titik kritis, yaitu 10 menit saat awal dan akhir perdagangan dan beberapa menit menjelang penutupan sesi satu.

“Ketimpangan ini adalah indikasi kenaikan kuat saham yang berarti ada sesuatu yang menjadikan saham ini menarik dan banyak dibeli oleh trader,” kata Ratih.

Untuk menunjang kebutuhan traders, kini pergerakan data harga saham di fitur Order Book di Aplikasi Ajaib sudah semakin cepat.

Order Book adalah tabel yang menyajikan informasi penawaran harga jual beli saham.

Adanya peningkatan kecepatan Order Book ini membuat Anda bisa mengakses data pasar terkini dengan lebih cepat hingga di bawah hitungan detik.

Order Book pada aplikasi Ajaib Sekuritas juga telah dilengkapi volum dengan tampilan bar chart, sehingga trader bisa menganalisis dengan cepat potensi kenaikan suatu saham.

4. Disiplin dalam Rencana dan Bersikap Realistis Terhadap Keuntungan

Seorang full-time trader dituntut untuk meraih potensi profit secara konsisten dalam jangka panjang.

Baca juga:   LinkAja Jadi Alat Pembayaran Transportasi Publik Terlengkap

Untuk itu, ia harus mampu bersikap tegas dan disiplin dalam segala situasi.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh trader adalah tidak konsisten dengan trading plan yang dibuat.

Kondisi yang perlu dihindari trader, yaitu ketika saham yang dipilih naik biasanya trader terbuai sampai melewati level target yang dibuat dalam trading plan.

Begitu juga sebaliknya, jika sahamnya turun tidak disiplin cut loss dan melebihi level stop loss yang ditentukan di awal.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan trading plan yang telah dibuat, trader dapat memanfaatkan fitur Stop Loss yang ada di dalam aplikasi Ajaib Sekuritas.

Fitur ini merupakan strategi jual saham otomatis untuk membatasi kerugian ketika harga pasar turun ke batas yang sudah ditentukan (Harga Aktivasi).

Manfaatkan fitur Realized Profit/Loss yang memudahkan trader untuk melihat total keuntungan dan kerugian.

“Ketika target keuntungan tercapai, trader harus mampu melepas saham pada saat itu juga. Ketika analisis ternyata keliru dan harga saham merosot, trader harus mampu cut loss tanpa ragu,” kata Ratih.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments