EDOTCO, TIP dan Telkom University Rintis Inisiatif ‘Neutral Host’

EDOTCO Neutral Host

thePONSEL.com – EDOTCO mengumumkan kolaborasi strategis dengan Telecom Infra Project (TIP) dan Telkom University untuk merevolusi lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara lewat ekosistem neutral host.

Kolaborasi ini terjalin dengan penandangatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Mobile World Congress 2024, yang melambangkan kemitraan transformatif untuk mendorong inovasi, konektivitas, dan inklusivitas di seluruh kawasan.

Gayan Koralage, Direktur Strategi EDOTCO Group, menyatakan, “Kami sangat antusias bermitra dengan TIP dan Telkom University untuk mendorong perubahan transformatif di sektor telekomunikasi. Dengan menggabungkan keahlian industri kami dengan solusi inovatif, kami bertujuan mendefinisikan lanskap digital, menciptakan masa depan di mana konektivitas tidak hanya canggih tetapi juga inklusif. Meskipun fokus awal kami hanya di wilayah Indonesia, keberadaan kami yang luas di Asia memungkinkan kami untuk mengulang kesuksesan proyek ini di negara lain. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk membina masa depan digital yang melampaui batas, memastikan aksesibilitas, dan membuka peluang baru untuk kebutuhan yang terus berkembang di Asia Tenggara.”

Ekosistem neutral host sendiri memungkinkan konektivitas yang lancar di seluruh jaringan yang beragam.

Baca juga:   Erajaya Digital Buka 12 Gerai Baru Serentak di Berbagai Kota Indonesia

Kolaborasi ini akan memanfaatkan standar teknologi jaringan terbuka dan terdisagregasi untuk meningkatkan pengalaman digital bagi bisnis dan konsumen.

Dengan pengalaman luas EDOTCO dalam menyediakan solusi end-to-end dan pendekatan komunitas kolaboratif TIP, inovasi neutral host dalam infrastruktur telekomunikasi ini siap untuk dipercepat.

Kristian Toivo, Direktur Eksekutif TIP, menekankan pentingnya inisiatif ini, dengan menyatakan, “Inisiatif neutral host adalah game-changer dalam lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara. Saat kita memulai perjalanan transformasi ini dengan EDOTCO, anggota TIP lainnya, dan Telkom University, visi kolektif kami adalah membuka peluang baru yang melampaui batas konektivitas konvensional, menempatkan Asia Tenggara di garis depan revolusi digital global.”

Community Lab di Telkom University, yang didukung oleh TIP, akan menjadi pusat penting untuk pengujian dan validasi solusi ini, melibatkan peneliti, pemain industri, dan startup untuk mengembangkan produk dan layanan yang dapat dipasarkan.

Baca juga:   Mengenal Samsung ISOCELL HP2, Sensor Gambar 200MP Terbaru

Salah satu tujuan utama kolaborasi ini adalah mengembangkan cetak biru komprehensif untuk model neutral host dalam industri telekomunikasi.

Dengan memanfaatkan solusi Open RAN, para mitra-mitra bisa menciptakan kerangka kerja yang dapat diskalakan dan efisien dengan konektivitas yang lancar.

Baca juga:   OPPO Serahkan 100 Unit Konsentrator Oksigen ke Pemerintah

Solusi Open RAN akan memungkinkan interoperabilitas dan fleksibilitas, yang menghasilkan penggunaan sumber daya jaringan yang lebih efisien dan memberikan manfaat bagi konsumen dan bisnis dengan peningkatan cakupan, pengurangan latency, dan pengalaman digital yang lebih baik.

Prof. Adiwijaya, Rektor Telkom University, mengatakan, “Kolaborasi ini akan menciptakan ekosistem telekomunikasi yang menggunakan standar teknologi jaringan terbuka dan terdisagregasi, dapat mendorong inovasi baik secara teknologi maupun bisnis. Sejalan dengan peran TIP Community Lab sebagai pusat keunggulan di Telkom University, yang saat ini berfungsi sebagai lokasi penelitian teknologi, regulasi, dan bisnis serta lokasi pengujian dan validasi untuk Solusi Open RAN.”

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments