Gandeng Erajaya Active Lifestyle, MST Golf Resmi Hadir di Indonesia

MST Golf dan Erajaya Active Lifestyle

thePONSEL.comErajaya Active Lifestyle dan MST Golf mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama yang menandai kiprah ritel perdana MST Golf di Indonesia.

Nota kesepahaman ini menegaskan niat dari kedua belah pihak untuk berkolaborasi dan membentuk perusahaan patungan (JVC) untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis ritel golf dan pusat golf indoor dengan merek “MST GOLF” dan “MST GOLF ARENA”.

Perusahaan patungan ini memanfaatkan sinergi dari dua perusahaan – pengalaman ritel golf dari MST Golf dan mereknya yang mapan sebagai peritel khusus golf, serta rekam jejak serta reputasi dari Erajaya Active Lifestyle sebagai peritel terkemuka di Indonesia dalam hal produk konsumen dan active lifestyle.

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, mengatakan, “Kami sangat senang karena dapat bermitra dengan MST Golf untuk memperluas jangkauan ritelnya di Indonesia. Kolaborasi ini sejalan dengan strategi pengembangan dan fokus dari Erajaya Active Lifestyle di bidang gaya hidup aktif. Kami berhasil menjadi pemain terdepan di bidang ini, ditambah lagi oleh pengalaman puluhan tahun dari perusahaan induk kami di segmen ritel sehingga menjadikan kami sebagai kekuatan ritel yang tangguh di Indonesia.”

Erajaya Active Lifestyle memiliki dan mengoperasikan merek-merek ritel terkemuka untuk lifestyle gadget, Internet of Things (IoT) berikut ekosistemnya, smart home, fesyen olahraga, peralatan menyelam dan lainnya.

Erajaya Active Lifestyle adalah salah satu vertikal bisnis dari PT Erajaya Swasembada Tbk (Erajaya Group), sebuah perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan penjualan bersih sebesar USD3,3 miliar berdasarkan laporan keuangan tahun 2022.

Erajaya Group, melalui vertikal bisnisnya, adalah pelaku ritel dan distributor yang diperhitungkan dengan cakupan layanan ritel omnichannel yang luas.

Baca juga:   Polda Sumut Gulung Sindikat Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Erajaya memiliki jaringan distribusi yang kuat untuk menghubungkan lebih dari 1.700 gerai dan 89 pusat distribusi hampir di semua wilayah, didukung oleh logistik yang andal serta rantai pasok yang terintegrasi.

Sebagai peritel golf di Malaysia, MST Golf menghadirkan keahliannya dalam bidang ritel golf, merchandising produk, dan layanan pelanggan dengan dukungan merek yang kuat ke pasar Indonesia.

Erajaya Active Lifestyle akan menghadirkan keahliannya dalam hal impor dan manajemen rantai pasokan, memastikan lokasi ritel yang potensial di pusat perbelanjaan dan properti komersial lainnya yang ideal, sumber daya manusia, hubungan dengan pemerintah dan hal-hal yang berkaitan dengan kepatuhan terhadap peraturan untuk mendukung ekspansi bisnis.

Realisasi dari rencana bisnis dan pelaksanaan perjanjian definitif yang diperkirakan akan dilakukan pada tahun ini.

“Di Indonesia, kami menyaksikan tumbuhnya minat bermain golf dari demografi Gen-Z, terutama selama pandemi COVID-19. Umumnya hal ini dilatarbelakangi keinginan untuk tetap bugar dan bisa berolahraga di ruang terbuka sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pembatasan sosial. Meskipun kegiatan ekonomi kembali pulih pascap-andemi, para ‘pegolf pandemi’ ini, yang terdiri dari pemain baru yang berlatih dan bermain pada masa pandemi, telah bermain secara konsisten di berbagai lapangan golf dan driving range di seluruh Indonesia. Ditambah lagi, dengan olahraga golf yang kini menjadi bagian dari budaya pop mainstream – sebagian didorong oleh sejumlah kolaborasi lintas brand, selebritas dan influencer yang inovatif dan keren – olahraga ini makin relevan dan menarik bagi masyarakat dari segala usia dan tingkat pendapatan, menjadikan prospek industrinya makin menjanjikan,” tambah Djohan Sutanto.

Perusahaan patungan tersebut akan memperkenalkan konsep gerai meliputi toko MST Golf Specialty, MST Golf Arena (pusat golf indoor yang memiliki ruang simulator lengkap penawaran makanan dan minuman) dan Golf Lab (akademi golf lengkap dengan club fitting) ke pasar konsumen Indonesia.

Baca juga:   Jadi Lebih Aman dan Privat, Ini 3 Hal Penting di Pembaharuan Instagram

Semua itu akan diwujudkan dalam pembentukan jaringan gerai ritel dengan format toko besar yang menawarkan pilihan lengkap perlengkapan golf berkualitas tinggi meliputi stik golf, bola golf, aksesoris dan pakaian golf dari berbagi merek ternama, serta layanan lainnya.

Gerai ritel ini bertujuan untuk menawarkan peralatan golf di satu tempat yang bisa memenuhi kebutuhan dari berbagai target konsumen, sementara pusat golf indoor dengan akses langsung ke gerai ritel memungkinkan pengalaman seperti bermain golf, belajar dan kegiatan lainnya yang sesuai dengan individu, keluarga dan kalangan lainnya seperti pemain golf atau masyarakat umum.

Ng Yap, Executive Director and Group Chief Executive Officer MST Golf, mengatakan, “Kami berbahagia dapat bermitra dengan Erajaya Active Lifestyle untuk menghadirkan passion kami di bidang golf dan ritel ke pasar Indonesia. Erajaya Group merupakan nama yang sudah mapan dan dihormati di Indonesia, dengan infrastruktur bisnis ritelnya yng lengkap serta pengetahuan yang luas tentang pasar lokal akan sangat berkontribusi dalam membangun merek MST Golf di Indonesia.”

Ekspansi ke Indonesia merupakan bagian dari strategi bisnis utama dan rencana pertumbuhan dari MST Golf untuk melebarkan sayap ke pasar baru.

“Di MST Golf, kami berusaha untuk memberikan pengalaman berbelanja, belajar dan bermain golf baik kepada pemain golf atau bukan, sekaligus mempromosikan pertumbuhan dan minat dari olahraga ini di Indonesia. Kami tidak dapat menemukan mitra lebih baik lagi daripada Erajaya Active Lifestyle, yang memiliki kesamaan dalam hal pendekatan manajemen mengingat hal tersebut penting dalam menjalin kerja sama jangka panjang seperti kami. Untuk itu, kerja sama kami sama-sama memberikan nilai tambah bagi MST Golf maupun Erajaya Active Lifestyle dengan mencapai tujuan dan sasaran dari masing-masing perusahaan,” tambah Ng Yap.

Pada tahun 2021, Produk Domestik Bruto riil Indonesia tumbuh sebesar 3,7%, dan untuk 9 bulan pertama tahun 2022, PDB riil Indonesia tumbuh 5,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021. (Sumber: BPS).

Ng Yap menambahkan, “Kami sangat antusias menyambut pasar Indonesia dengan populasi yang terus bertambah, tumbuhnya demografi muda dan kelas menengah yang membuat pasar semakin dinamis, didukung juga dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat secara keseluruhan. Secara khusus, kami sangat senang melihat demografi pemain golf domestik terus didorong oleh pemain muda dengan daya beli yang relatif lebih besar. Selain itu, infrastruktur industri golf yang berstandar tinggi seperti lapangan golf dan driving range, terus mendorong lingkungan yang mendukung untuk bermain golf lebih aktif di samping menarik minat dari pemain baru. Kemitraan ini akan mempercepat rencana ekspansi kami untuk meraih pangsa pasar golf yang terus berkembang di Indonesia.”

MST Golf telah mengajukan permohonan penawaran umum perdana saham (“IPO”) kepada Komisi Sekuritas Malaysia dan berupaya untuk mencatatkan sahamnya di Pasar Utama Bursa Malaysia.

Baca juga:   Bocoran Spesifikasi vivo T3 5G Terkuak, Siap Meluncur di India

Tergantung pada persetujuan otoritas, dana yang diperoleh dari IPO akan digunakan untuk, antara lain, ekspansi MST Golf ke pasar-pasar geografis baru, yaitu Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments