Huawei: Pembangunan Infrastruktur Jaringan di Indonesia Meningkat

Infrastruktur jaringan Huawei

thePONSEL.com – Huawei mengapresiasi upaya masif Indonesia dalam membangun infrastruktur jaringan yang dibutuhkan untuk mengkatalisasi pertumbuhan ekonomi digital negara.

Di sela-sela perhelatan 2022 Sustainability Forum, Connectivity+: Innovate for Impact, Liang Hua, Chairman Huawei, mengatakan bahwa Indonesia telah membuat peningkatan yang signifikan dalam jaringan broadband nirkabel dan tetap, selama beberapa tahun terakhir.

Forum tersebut membahas bagaimana inovasi TIK dapat membuka nilai bisnis dan sosial dari konektivitas sekaligus mendorong keberlanjutan dalam ekonomi digital.

“Baik secara global maupun di Indonesia, ekonomi digital berkembang pesat, dengan pengaruh dan kedalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Integrasi ekonomi digital dan ekonomi riil sangat penting. Integrasi dan inovasi teknologi digital generasi baru (seperti 5G, kecerdasan buatan, dan komputasi awan) akan memungkinkan transformasi dan peningkatan bagi sebagian industri dan sektor pertanian, serta mendorong pengembangan digital dalam industri tersebut,” jelas Liang Hua saat menjawab pertanyaan jurnalis asal Indonesia secara livestreaming di CSD Media Salon yang dihadiri oleh 16 jurnalis di Huawei Innovation Center, Jakarta.

Menurut Liang Hua, ekosistem digital di Indonesia perlu memikirkan bagaimana jangkauan koneksi yang luas, dikombinasikan dengan komputasi awan, kecerdasan buatan, dan teknologi digital baru, dapat mendorong pengembangan di bidang sosial serta bertambahnya mata pencaharian seperti pendidikan digital dan layanan kesehatan cerdas.

Misalnya, perawatan kesehatan cerdas yang mengimplementasikan telemedicine. Banyak orang tinggal di daerah terpencil.

Melalui bandwidth dan kecepatan koneksi yang tinggi, ekosistem mampu menyediakan layanan telemedicine berkualitas, sehingga banyak orang dapat mengakses layanan kesehatan yang baik.

“Begitu juga dengan pengembangan talenta digital. Melalui pendidikan cerdas, termasuk pembelajaran daring/jarak jauh, lebih banyak orang dapat meningkatkan keterampilan dan literasi digital mereka. Di sisi lain, masyarakat dapat lebih menikmati kemudahan dan kesejahteraan sosial yang dibawa oleh teknologi digital di era ekonomi digital. Keterampilan digital juga dapat digunakan untuk bekerja lebih baik dan mendorong pembangunan ekonomi,” tutup Liang Hua.

Selama lebih dari 22 tahun, Huawei telah mendukung Indonesia dalam membangun infrastruktur jaringan dan mengembangkan talenta digital.

Baca juga:   3 Smartphone Terbaru di POCO Extreme Launch #3XMakinGG

Dengan misi menghubungkan yang belum terkoneksi, Huawei telah menyebarkan lebih dari 110.000 BTS, menjangkau lebih dari 260 juta orang di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Huawei telah melatih lebih dari 70.000 talenta digital di Indonesia guna memenuhi komitmennya untuk melatih 100.000 talenta digital pada tahun 2025.

Selama Forum CSD, Huawei menandatangani komitmen global untuk bergabung dengan aliansi digital Partner2Connect dari International Telecommunication Union, yang akan menghadirkan konektivitas ke sekitar 120 juta orang di daerah terpencil di lebih dari 80 negara pada tahun 2025.

“Jelas bahwa konektivitas saja tidak cukup. Itu harus terjangkau, konten harus relevan dan dalam bahasa lokal, dan pengguna harus memiliki keterampilan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Terima kasih kepada Huawei atas dukungan mereka terhadap Koalisi Digital Partner2Connect (P2C), dan atas ikrar P2C yang mereka umumkan di bidang utama konektivitas pedesaan dan keterampilan digital,” kata Wakil Sekretaris Jenderal ITU Malcolm Johnson.

Jacky Chen, CEO of Huawei Indonesia, mengatakan sebagai penyedia solusi TIK global terkemuka, Huawei selalu mencari terobosan dan inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Huawei akan terus memperluas inklusi digital untuk menghubungkan masyarakat yang selama ini sulit dijangkau layanan internet melalui berbagai solusi Huawei, termasuk solusi Huawei Rural Star yang telah diterapkan di banyak negara di dunia. Kami melihat solusi ini sangat cocok untuk diterapkan untuk menciptakan konektivitas antar pulau di Indonesia,” kata Jacky Chen.

Pada tahun 2021, Huawei dan mitra operator menguji coba solusi broadband nirkabel Rural Star Pro dengan fitur utama LTE untuk backhaul di daerah terpencil di Pulau Kalimantan.

Baca juga:   6 Teknologi Baru yang Akan Muncul di 2023

Solusi seri RuralStar telah menyediakan koneksi untuk lebih dari 60 juta orang di daerah terpencil di lebih dari 70 negara.

Cao Ming, President, Huawei Wireless Solution, mengatakan: “Sebagai perusahaan dengan kemampuan TIK terlengkap, Huawei mengintegrasikan potensi inovasi penuh teknologi dari peralatan, lokasi, energi, transmisi, dan antena untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh penyebaran lokasi tradisional, seperti tingginya biaya, transportasi yang terbatas, kekurangan energi, dan perawatan yang tidak mudah. Kami terus meningkatkan solusi RuralStar dan RuralLink untuk memperluas jangkauan kualitas ke daerah terpencil, memungkinkan lebih banyak orang, rumah sakit komunitas, sekolah, pemerintah daerah, serta usaha kecil dan menengah untuk menikmati pengalaman konektivitas broadband berkecepatan tinggi seperti di kota”.

Pembangunan jaringan broadband optik menawarkan rute penting lainnya untuk mewujudkan layanan universal.

Baca juga:   NOICE Raih Pendanaan Senilai 22 Juta USD

Huawei telah mengusulkan solusi AirPON yang inovatif untuk daerah dengan kepadatan penduduk rendah, termasuk daerah terpencil.

Solusi ini secara terus-menerus mengurangi jejak ruang peralatan, biaya pemasangan serat optik, dan konsumsi daya jaringan, sambil memastikan penerapan jaringan komunikasi lokal yang cepat.

Seiring infrastruktur TIK terus berkembang, teknologi inovatif seperti cloud dan AI memungkinkan mereka yang berada di pedesaan dan daerah terpencil untuk menikmati kenyamanan dunia digital.

Huawei Cloud telah mengusulkan strategi Everything as a Service dan menjadikan keahlian teknis dan pengalaman transformasi digital Huawei selama lebih dari 30 tahun tersedia melalui layanan cloud.

Ini berarti bahwa akses ke kapabilitas infrastruktur digital Huawei di cloud kini mudah, terjangkau, dan berkelanjutan sama seperti air dan listrik.

Transformasi digital, talenta digital, dan model bisnis baru adalah penting untuk pembangunan yang seimbang di daerah terpencil.

Huawei sebelumnya mengumumkan bahwa pada tahun 2025, dengan peningkatan infrastruktur TIK, perusahaan akan bekerja dengan mitra untuk memungkinkan 500 juta orang menikmati layanan keuangan digital dan 500.000 orang menikmati pendidikan inklusif.

Melalui inovasi teknologinya yang berkelanjutan, Huawei berkontribusi pada tingkat digitalisasi yang lebih tinggi di wilayah terpencil, memungkinkan setiap orang untuk menikmati kenyamanan kehidupan digital, dan mendorong perkembangan ekonomi digital global yang seimbang.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments