Indosat & AeroMobile: Kini, Di Pesawat Bisa Berkomunikasi Seluler

Indosat menjadi operator pertama di Indonesia yang memberikan keleluasaan berkomunikasi seluler kepada pelanggannya saat berada dalam penerbangan pesawat ke luar negeri melalui layanan AeroMobile. Namun, sementara baru bisa dinikmati oleh pelanggan Matrix Indosat.

Lewat layanan ini, si penumpang dapat melakukan percakapan, mengirim dan menerima SMS serta berkomunikasi data baik melalui ponsel maupun BlackBerry  saat mereka melakukan penerbangan dengan maskapai Emirates Airlines dan Malaysia Airlines di luar negeri.

AeroMobile sendiri merupakan operator yang memberikan layanan mobile pertama di dunia selama penerbangan pesawat udara, dimana layanan ini telah mulai dikomersialkan dalam penerbangan di maskapai Emirates Airlines pada bulan Maret tahun lalu.

“Hadirnya layanan Aeromobile ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan manfaat yang lebih kepada para pelanggan Matrix berupa keleluasaan berkomunikasi selama di dalam penerbangan udara. Hal ini sekaligus juga memperkuat posisi Indosat sebagai perusahaan pelopor yang selalu menghadirkan inovasi layanan bagi pengguna seluler di Indonesia,” demikian disampaikan Johnny Swandi Sjam, Direktur Utama Indosat, di acara penandatanganan MOU Kerjasama Perjanjian  Roaming Internasional  antara Indosat dengan AeroMobile
Dengan kerjasama ini  pelanggan Matrix Indosat yang telah memiliki fasilitas  roaming internasional  dapat menikmati layanan ini saat menggunakan beberapa maskapai penerbangan antara lain Emirates Airlines dan Malaysia Airlines. Menyusul segera melalui maskapai Saudi Arabian Airlines, Virgin Australia Airlines dan Qantas Airways.

Baca juga:   Resmi Diluncurkan, Ini Daftar Layanan Kesehatan di Aplikasi FitAja!

“Kami sangat gembira dapat bekerjasama dengan Indosat, dalam upaya kami untuk memberikan layanan komunikasi dalam penerbangan sehingga mereka tetap dapat terhubung  dengan setiap orang di belahan dunia melalui fasilitas komunikasi dalam pesawat (in-flight communication). Kerjasama ini akan menjadi solusi terhadap permintaan komunikasi dalam pesawat yang semakin tinggi,” demikian disampaikan Stein Gudbjorgsrud, Director of Regulatory Affairs AeroMobile.

Baca juga:   Ninetology Bundling Telkomsel Gratis Internet 6 Bulan

Selama dalam penerbangan di luar negeri, para pelanggan Matrix dapat berkomunikasi dengan aman, karena layanan ini menggunakan teknologi yang telah mendapatkan persetujuan penuh dari European Aviation Safety Agency dan juga otoritas aviasi sipil di setiap negara asal maskapai-maskapai tersebut. Sistem yang digunakan dalam layanan AeroMobile sendiri telah didesain sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu sistem dan sub-sistem penerbangan (aircraft). Sistem juga tidak akan mengganggu sistem telekomunikasi di luar pesawat (di darat). Sistem pengontrolan yang dilakukan terhadap semua ponsel dalam penerbangan tersebut dioperasikan dengan tingkat tenaga (power) minimum.

Secara teknologi, selain untuk layanan suara dan SMS, AeroMobile mendukung komunikasi data melalui GPRS untuk mendukung layanan BlackBerry dan push email yang lain termasuk lampiran email. Komunikasi data GPRS ini dikembangkan AeroMobile  dengan kapasitas  khusus (unik) untuk mengoperasikan BlackBerry dan layanan email menggunakan sistem satelit Inmarsat.

Baca juga:   SPC Mobile Tetap Optimis Garap Feature Phone

Untuk dapat menikmati layanan ini, para pelanggan Matrix tidak perlu mengajukan permohonan berlangganan seperti layanan lain. Cukup dengan menghidupkan ponsel dan pelanggan dapat menikmati layanan tersebut. Petunjuk penggunaan layanan ini akan dijelaskan secara rinci oleh para pramugari/a dalam perjalanan udara tersebut. Selain itu, para pramugari/a akan menginformasikan waktu yang diijinkan untuk melakukan komunikasi dalam pesawat. Penggunaan layanan ini tidak dikenakan biaya berlangganan, selain biaya pemakaian sesuai tarif roaming internasional yang berlaku. Biaya komunikasi tersebut akan ditagihkan pada surat tagihan pelanggan, sehingga tidak ada biaya tambahan yang harus dibayar dalam perjalanan tersebut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments