Mengenal Dynamic Computing Engine ColorOS 13 OPPO Reno8 Series

dynamic computing engine OPPO

thePONSEL.comOPPO telah mengembangkan pusat komputasi tingkat sistem bernama Dynamic Computing Engine di ColorOS 13 yang akan segera hadir pada perangkat OPPO Reno8 Series.

Hal ini sebagai jawaban atas masalah kecepatan saat membuka aplikasi, peralihan antar aplikasi yang lambat, suhu smartphone yang terlalu panas, dan konsumsi daya tinggi yang masih kerap ditemukan pada sebuah smartphone.

Meski belakangan ini telah banyak diterapkan peningkatan RAM dan ROM, nyatanya optimalisasi performa di smartphone masih menjadi tantangan terbesar bagi para produsen.

Apa Itu Dynamic Computing Engine:?

Dynamic Computing Engine di ColorOS menggunakan Computing Power Model untuk mengalokasikan sumber daya perangkat keras secara efektif dan akurat.

Dengan mengoptimalkan empat teknologi komputasi (Parallel Computing, High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing), Dynamic Computing Engine memberikan pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan stabil bahkan dalam jangka waktu yang lebih panjang pada perangkat OPPO.

Dynamic Computing Engine adalah platform teknologi canggih yang menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghadirkan kinerja dan efisiensi yang maksimum.

Baca juga:   Gojek Kucurkan Rp 1 Triliun untuk Dukung UMKM dan Mitra Driver Selama Pandemi

Sedangkan teknologi Computing Power Model dan Parallel Computing Engine diimplementasikan untuk membantu memecahkan masalah kinerja yang terkait dengan alokasi sumber daya yang tidak efisien dan konflik alokasi memori.

Computing Power Model

Teknologi Computing Power Model mampu secara akurat menjadwalkan sumber daya komputasi baik dari CPU, GPU, dan DDR.

Setiap kali smartphone membuka permainan atau membuka aplikasi kamera, CPU hanya berperan sebagai “asisten” dibanding mengalokasikan sumber dayanya untuk tugas ringan ini.

Teknologi ini dapat mengurangi konsumsi daya, dan memperpanjang masa pakai baterai.

Parallel Computing

Komputasi Paralel menjadi solusi dalam memecahkan konflik alokasi memori. ColorOS mengadopsi desain mikrokernel canggih yang menjalankan operasi alokasi memori dan pengambilan kembali memori secara paralel.

Dengan membagi memori yang terkunci menjadi blok yang lebih kecil, CPU dapat bekerja lebih optimal untuk menghasilkan lebih sedikit waktu jeda.

ColorOS 13 di OPPO Reno8 Series

Dengan platform teknologi canggih Dynamic Computing Engine, ColorOS 13 menghadirkan berbagai pengalaman yang lebih lancar dan lebih cerdas.

Dalam hal produktivitas, ColorOS 13 memiliki fitur Multi-Screen Connect yang mendukung konektivitas tanpa batas antara OPPO Reno8 Series 5G dan OPPO Pad Air, atau antara OPPO Reno8 Series 5G dan PC/laptop.

Baca juga:   Alibaba Cloud Umumkan Program Kemitraan Tongyi Qianwen

Dengan fitur OPPO Share, Multi-Screen Connect juga membuat transfer file antar perangkat lebih cepat dan nyaman tanpa menggunakan data seluler.

Untuk pengalaman interaktif, Quantum Animation Engine meningkatkan efek animasi lwbih nyata dengan menambahkan detail ekstra dan model gerakan canggih yang membuat interaksi ColorOS lebih mulus.

ColorOS 13 memperkenalkan Behavioral Prediction yang dapat mengenali dan memprediksi input yang diinginkan pengguna saat dua gerakan layar sentuh dibuat satu demi satu, hal ini untuk mencegah konflik antara dua operasi dan memberi pengguna interaksi yang lebih halus dan lebih intuitif.

Fitur ColorOS 13 yang meminimalkan konsumsi daya melalui integrasi erat antara perangkat keras dan perangkat lunak adalah fitur LTPO 2.0.

Teknologi ini dapat mengurangi refresh rate di Always-On Display menjadi hanya 1Hz, yang menghasilkan pengurangan konsumsi daya hingga 30% di aplikasi tertentu.

Baca juga:   Trakindo Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2022

Ini menciptakan lebih banyak kemungkinan bagi pengguna untuk mempersonalisasikan Always-On Display tanpa harus khawatir tentang masa pakai baterai ponsel.

Dalam hal privasi dan keamanan di ColorOS 13, Pixelate dapat secara otomatis mengaburkan gambar profil dan nama pengguna pada tangkapan layar percapakan.

Fitur Private Safe telah diperbarui dengan enkripsi file AES yang menjadi standar industri.

OPPO akan terus mengembangkan Dynamic Computing Engine dalam sistem ColorOS mendatang dan memberikan dukungan yang lebih kuat untuk fitur dan konten lainnya.

Dengan menambahkan teknologi High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing akan membawa pengalaman pengguna akan sistem operasi cerdas yang lancar pada tingkatan berikutnya.

Untuk menikmati performa perangkat yang selalu lancar di jangka waktu yang lama, OPPO Reno8 Pro 5G akan mendapatkkan ColorOS 13 versi Beta pada September.

Selanjutnya disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022.

OPPO kemudian akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments