Sah! Layanan 5G XL Axiata Siap Hadir di 4 Kota

Layanan 5G XL Axiata

thePONSEL.com – Menyusul Telkomsel dan Indosat, yang telah lebih dulu menggelar layanan 5G XL Axiata pun akhirnya resmi mengantongi SKLO dan telah siap untuk mengkomersialisasikan layanan 5G.

Dalam keterangan resminya, Menkominfo Johnny G. Plate mengumumkan bahwa XL Axiata sudah mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) layanan 5G pada 6 Agustus 2021 lalu.

“Kita bersama menyambut keikutsertaan PT XL Axiata Tbk yang baru saja mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) Layanan 5G pada 6 Agustus 2021 beberapa hari yang lalu. Setelah pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3 sampai 5 Agustus 2021 di area Jalan Margonda, Kota Depok. Satu hari selesai uji laik operasi diterbitkan SKLO,” jelasnya.

Melalui penerbitan SKLO Layanan 5G tersebut, maka layanan jaringan, serta seluruh sarana dan prasarana 5G yang telah selesai dibangun oleh PT XL Axiata, Tbk, secara teknis dinyatakan siap beroperasi. 

Jaringan 5G XL Axiata Gunakan Spektrum 1800 MHz

Menurut Menteri Johnny, keberadaaan operator seluler ketiga yang menyediakan layanan jaringan 5G menunjukan bahwa industri penyediaan layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia. 

“Layanan jaringan 5G ini akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1807,5 MHz sampai dengan 1827,5 MHz,” jelas Menkominfo.

Selain itu, Menkominfo menegaskan kembali keberlangsungan atau koeksistensi layanan 4G meski saat ini sudah diterapkan layanan 5G.

“Harus kita jaga karena 4G tetap saat ini masih menjadi tulang punggung yang mendukung transformasi digital nasional kita,” tandasnya.

Melalui langkah awal implementasi teknologi 5G di Indonesia ini, Menteri Johnny mengharapkan akan dapat mendukung pengembangan industri seluler di tanah air sekaligus membuka peluang bagi perkembangan ekonomi digital.

“Dengan mulai beroperasi komersialnya 5G ini yang lebih meramaikan industri telekomunikasi seluler nasional kita dan lebih membuka ruang dan peluang ekonomi digital kita di masa sekarang dan masa yang akan datang. Sehingga kita semakin mampu dalam mewujudkan Indonesia Terkoneksi; Semakin Digital Semakin Maju,” ungkapnya.

Layanan 5G XL Axiata di 4 Kota

Baca:   Telkomsel Paket Halo Unlimited Hadirkan Akses Tanpa Batas ke Puluhan Aplikasi

CEO XL Axiata Dian Siswarini mengapresiasi dukungan Kementerian Kominfo dalam pengelaran jaringan 5G.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Menteri Kominfo dan juga jajaran Kementerian Kominfo yang selama ini telah memberikan dukungan yang luar biasa,” ungkapnya.

Menurut Dian Siswarini pihaknya siap memberikan dukungan penuh kepada pemerintah untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami mendukung sepenuhnya pemerintah dan kita mendukung upaya percepatan implementasi teknologi 5G di Indonesia dengan terus berinovasi dan adaptif terhadap semua perkembangan teknologi yang terjadi di dunia,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam tahap awal penyelenggaraan layanan 5G ini, XL Axiata baru akan menggelarnya di empat kota mulai 18 Agustus 2021 yakni di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments