Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, Smartphone Pertama dengan Chipset Google Tensor

Pixel 6

thePONSEL.com – Setelah sebelumnya meramaikan dunia maya, akhirnya Google resmi merilis smartphone gacoan terbarunya yakni Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Berbeda dari produk-produk sebelumnya, Pixel 6 Series ini menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset Google Tensor.

SoC ini merupakan besutan Google sendiri yang digadang-gadang siap bersaing dengan Snapdragon dari Qualcomm dan Exynos Samsung.

Google Tensor sendiri dibangun dengan pabrikasi 5nm, yang tersusun atas prosesor Octa-core berkecepatan 2.8GHz dan dipadupadankan dengan grafis ARM Mali-G78.

Kolaborasi tersebut diklaim bakal menghasilkan peningkatan performa hingga 80% dibanding Pixel generasi sebelumnya.

Baik Pixel 6 maupun Pixel 6 Pro sama-sama menampilkan karakter desain yang khas ‘Pixel’, namun kini terlihat lebih trendi.

Spesifikasi Google Pixel 6

Model pertama ini merupakan varian lebih terjangkau. Hadir dengan layar AMOLED 6.4 inci beresolusi FHD+ dan punya refresh rate 90Hz.

Layar Pixel 6 ini menerapkan konsep punch hole, dimana pada lubang mungilnya tersebut terdapat sensor kamera depan berkekuatan 8MP dengan aperture f/2.0.

Baca juga:   Samsung Hadirkan Galaxy A21s, Intip Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Sementara di bagian belakang, smartphone ini menanamkan dua buah kamera dengan susunan 50MP sensor utama dan memiliki bukaan lensa f/1.9 serta didukung fitur OIS.

Kamera utama ini diklaim mampu menangkap cahaya hingga 150% lebih banyak, dan sanggup menghasilkan foto malam (night mode) dengan kualitas memukau.

Sedangkan kamera kedua yang ada di sebelah dalam model horizontal memiliki kekuatan 12MP, dan merupakan sensor ultra-wide dengan aperture f/2.2.

Untuk mendukung kinerja prosesor, Google Pixel 6 hadir dengan RAM 8GB dan pilihan storage 128GB atau 256GB. Perangkat ini tidak dilengkapi dengan slot memori ekspansi.

Sebagai sumber power, Pixel 6 mengandalkan baterai berkapasitas 4615 mAh yang didukung sistem manajemen power lebih baik ketimbang Pixel generasi sebelumnya.

Poin plusnya, Pixel 6 juga telah didukung teknologi pengisian daya cepat 30W, fast wireless charging 21W, dan reverse wireless charging.

Baca juga:   Siap Edar, Ini Fitur Unggulan OPPO A71

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro

Sebaagai varian ‘Pro’, tentunya ada beberapa perbedaan yang dihadirkan oleh Google Pixel 6 Pro dibanding Pixel 6 biasa.

Pertama yang paling jelas terlihat adalah dimensi bodinya yang sedikit lebih besar, dan juga ukuran layar yang lebih luas.

Pixel 6 Pro membawa layar LTPO AMOLED berukuran 6.7 inci dengan resolusi QHD+, dan sudah mengusung refresh rate 120Hz.

Di layar punch hole berlapis kaca anti gores Gorilla Glass Victus ini terbenam kamera selfie dengan resolusi 11,1MP dan aperture f/2.2.

Sementara di bagian belakang, terdapat tiga buah kamera yang terdiri dari 50MP kamera utama dengan bukaan lensa f/1.85 plus fitur OIS. Ada juga kamera periscope tele 48MP dan lensa ultra-wide 12MP.

Google Pixel 6 Pro menyertakan RAM 12GB dengan tiga opsi storage yakni 128GB, 256GB dan 512GB. Baterainya 5003mAh dengan fast charging 30W, dan fast wireless charging 23W.

Baca juga:   Ini Bocoran Terbaru Vivo X60 Series

Baik Pixel 6 maupun Pixel 6 Pro sama-sama telah dilengkapi sertifikasi IP68 yang artinya perangkat ini tahan air dan bisa digunakan sambil berenang.

Spesifikasi lain yang juga disertakan Google di keduanya adalah in-display fingerprint, network 5G, WiFi6e, Bluetooth 5.2, USB Type-C 3.1 dan NFC.

Menariknya, kedua smartphone aanyar Google ini telah dibekali chip keamanan Titan M2 untuk menyimpan informasi kredensial, serta Security Hub untuk mengecek dan mengelola sistem keamanan ponsel secara keseluruhan.

Harga dan Ketersediaan

Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sudah bisa dipesan di pasaran Amerika sejak diluncurkan resmi pada 20 Oktober lalu, dan akan dijual perdana pada 28 Oktober mendatang.

Untuk harga, Google Pixel 6 dibanderol mulai USD 599 atau setara Rp 8,4 jutaan, sementara Google Pixel 6 Pro dijual mulai USD 899 atau sekitar Rp 12,7 juta.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments