Review realme C35: Smartphone Entry-level Bercitarasa Premium

realme C35

thePONSEL.com – Menyambut Ramadan tahun ini, realme Indonesia terbilang cukup agresif menghadirkan pilihan baru smartphone entry-level, dan salah satunya adalah realme C35.

Smartphone kelas “bawah” biasanya dicap memiliki kualitas desain serta spesifikasi yang ala kadarnya, namun tidak demikian dengan realme C35.

Dengan membawa jargon “Kamera Cakep, Desain Stylish”, realme C35 akan menghadirkan sensasi premium yang pertama kali hadir di seri C.

Dibanderol dengan harga Rp 2.199.000 untuk memori 4GB/64GB dan Rp 2.399.000 untuk memori 4GB/128GB, apa saja sih unsur premium yang ingin ditonjolkan realme C35?.

Desain Premium

realme C35 hadir dengan kotak kemasan berwarna kuning yang menjadi ciri khasnya.

Saat pertama kali diunboxing dan dibuka dari kemasan plastik transparan pelindungnya, desain smartphone ini langsung membuat kami berdecak kagum.

Sales package

Konstruksi bodinya yang kotak dan flat terlihat “mewah” layaknya smartphone premium di level harga 4 jutaan ke atas. Kebetulan, unit review yang kami terima berwarna hitam bersinar alias Glowing Black.

Konsep desain seperti ini diklaim oleh realme sebagai yang pertama kalinya di seri C.

Di perangkat ini, realme menyajikan desain bezel right-angle dengan balutan bahan pelat 2D yang cukup solid.

Kebanyakan smartphone entry-level di rentang harga yang sama, rata-rata masih menggunakan bahan plastik.

Material pelat di realme C35 ini setidaknya masih aman dan dapat melindungi bodi ketika terbentur benda keras.

Tapi jangan sengaja dibanting-banting ya, karena realme C35 memang tidak didukung sertifikasi tahan banting (IP Rating).

Meski begitu, realme C35 sudah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland Smartphone Reliability yang berisi 23 tes utama, termasuk 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, seperti jatuh, pemakaian, dan keausan.

Ada juga 7 Skenario uji lingkungan ekstrim, seperti suhu tertinggi dan terendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara dan 6 Skenario Uji Reliabilitas Komponen.

realme C35 juga lulus lebih dari 300 uji tombol fisik dan kelembaban di realme Lab. Jadi secara fisik, memang benar-benar tangguh ya.

Selain punya desain yang solid, konsep Dynamic Glowing Design yang dibawa perangkat ini juga menambah sensasi tersendiri.

Bodinya memiliki tampilan bercahaya yang dinamis saat dilihat dari sudut berbeda.

Hanya saja, ada sedikit kelemahan dari model desain glossi yang diusung oleh perangkat ini, yaitu mudah meninggalkan bekas sidik jari dan membuatnya gampang terihat kusam.

Semua itu tentunya tidak menjadi persoalan untuk Anda yang sangat apik dalam menjaga barang, yang penting kenyamanan yang dihadirkan realme C35 sudah sangat memadai.

Type-C_audio Jack

Untuk penggunaan sehari-hari, bodi realme C35 yang hanya memiliki ketebalan sekitar 8,1 mm dan bobot 189 gram menjadikannya sebagai teman beraktivitas yang sangat kompak.

realme mengklaim dimensi bodi yang diusung C35 menjadi yang tertipis dan teringan di Seri C.

Satu lagi yang membuat tampilan desain realme C35 jadi terlihat premium adalah kompartemen kamera, yang disusun membulat bak ‘boba’ seperti konsep modul kamera di smartphone flagship kenamaan.

SIM Tray

Untuk panel lain seperti tombol power, realme C35 meletakannya di samping kanan dengan fungsi ganda sebagai sensor sidik jari (fingerprint).

Sementara tombol volume ada di samping kiri, persis di bawah slot SIM card.

Nah untuk SIM tray sendiri perangkat ini menyediakan tiga baki kartu, 2 untuk SIM card dan 1 untuk microSD.

Di sisi bagian bawah terdapat corong speaker, USB type-C dan port audio jack 3.5mm.

Layar Terbaik di Seri C

Berdasarkan data teknis, realme C35 menanamkan layar berjenis IPS dengan ukuran 6,6 inci.

Menariknya, layar perangkat ini sudah mendukung resolusi Full HD (2408×1080) dan digadang-gadang yang pertama di seri C.

Rasio layar dengan bodi mencapai 90,7% yang diklaim terluas di antara smartphone mainstream sekelasnya.

Ini tentunya akan membuat pengalaman menonton film serta bermain game jadi lebih maksimal serta menyenangkan.

display

Tidak hanya itu, layar perangkat ini juga memiliki tingkat kecerahan yang tinggi yakni 600 nits, dan mendukung touch sampling rate 180Hz.

Untuk meningkatkan kenyamanan pada mata, perangkat ini juga menyertakan opsi Dark Theme serta Night Light.

Bahkan terdapat pula fitur untuk meningkatkan performa tayangan video (video display enhancement) seperti warna lebih terang dan vivid yang mendukung YouTube, Duo, Photos dan Files by Google.

Sebagaai catatan, kesan premium memang tidak dijumpai pada desain layar realme C35.

Pasalnya, konsep waterdrop display yang diusungnya belum mencerminkan visi realme yang ingin mendobrak kesan ‘apa adanya’ pada lini entry-levelnya.

Kamera 50MP Terbesar di Kelas Entry-level

Salah satu keistimewaan realme C35 ada pada sektor kamera. Selain menampilkan struktur yang tampil layaknya smartphone flagship, kamera perangkat ini juga memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Ada tiga sensor kamera yang ditanamkan, susunannya terdiri dari 50MP kamera utama dengan area luas dan aperture besar f/1.8.

Di pasaran sendiri, smartphone entry-level yang punya kamera dengan sensor besar masih sangat jarang.

Dan realme C35 menghadirkannya untuk para kawula muda yang hobi foto untuk konten media sosial.

Selain itu, kamera utama perangkat ini juga didukung kemampuan 4x Max Digital zoom yang memungkinkan untuk menjepret foto dengan kualitas terbaik dari jarak jauh.

rear camera

Kamera kedua yang ditanamkan realme C35 adalah Makro 2MP, yang memungkinkan Anda untuk mendokumentasikan dunia mini dengan detail yang terbaik di kelasnya.

Terakhir adalah kamera B/W 2MP yang akan memberikan efek artistik khusus untuk mode portrait.

Untuk Anda yang hobi selfie, realme C35 menyertakan kamera depan berkekuatan 8MP yang tertanam di poni bagian atas layar dengan sensor Sony IMX355.

Baca:   Ti-Phone T55, Ponsel Musik dengan 1000 Lagu Original

Kamera ini telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) dan tentunya menyertakan pula beragam opsi serta filter keren untuk hasil foto lebih ajib.

Untuk yang penasaran dengan hasil jepretan kamera realme C35, berikut ini beberapa contoh foto yang dibuat menggunakan beberapa opsi pengaturan.

Untuk mode normal, hasil jepretan kamera utama perangkat ini terlihat memuaskan.

Bahkan untuk kondisi dengan pencahayaan melimpah, terlihat melebihi ekspektasi sebuah smartphone entry-level.

4
5

Dengan mengaktifkan mode 50MP, kamera realme C35 sanggup menampilkan detail gambar yang tajam dengan warna yang natural.

1
2

Opsi 4x zoom yang disediakan pun mampu bekerja dengan sangat maksimal.

Meskipun untuk kondisi ini dibutuhkan kestabilan posisi saat ingin mengambil gambar, namun rata-rata hasil bidikannya masih terbilang memuaskan.

Begitu pula untuk kamera makronya, detail obyek foto masih terlihat dengan baik. Mulai dari warna, hingga teksturnya terlihat jelas.

7

Untuk yang hobi foto malam, mode Night Pro di kamera realme C35 mampu menghadirkan efek cahaya yang memukau dengan detail gambar yang tetap terjaga ketajamannya.

6

Selain untuk foto, kamera realme C35 juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video berkualitas Full HD 1080p di 30fps. Soal kualitas rekaman video, masih cukup aman lah sebagai konten di media sosial.

Performa Terbaik di Kelasnya

realme C35 diotaki chipset kelas entry-level, yakni Unisoc T616. Beberapa produk seri C realme sebelumnya juga ada yang menggunakan jeroan serua.

Meski terbilang kurang familier dibanding MediaTek maupun Qualcomm, namun secara performa jenis chipset yang digunakan ini masih tergolong cukup mumpuni.

Arsitektur Unisoc T616 di smartphone ini tersusun atas 2 inti prosesor Cortex-A75 dengan clockspeed 2GHz untuk kinerja dan 6 inti Cortex-A55 di 1.8GHz untuk efisiensi.

Chipset yang menggunakan proses pabrikasi 12 nm ini memakai GPU Mali G57 pada kecepatan 750 MHz.

Untuk mendukung kinerja jeroannya tersebut, realme C35 didukung RAM 4GB dengan pilihan storage 64GB atau 128GB. Kebetulan, varian yang kami uji memiliki kapasitas penyimpanan 128GB.

Poin plusnya, Anda yang hobi menyimpan beragam dokumen penting di smartphone seperti foto, video dan lain sebagainya masih bisa menambahkan ruang penyimpanan ekstra menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1TB.

Selama pengujian, performa keseluruhan realme C35 ini masih cukup bisa dibanggakan.

Semua fungsi dan aplikasi bawaan platform realme UI R Edition berbasis Android 11 dapat dijalankan dan berakselerasi dengan lancar tanpa ada kendala berarti.

Bagi yang hobi main game online favorit bergenre MOBA dan Battle Royale, rasanya dapat berbangga hati.

Pasalnya, sekelas Genshin Impact yang diklaim memiliki karakter grafis yang memukau dan pastinya berat, ternyata masih bisa berjalan dengan baik di realme C35.

Selain itu, untuk game Mobile Legends, AOV, Free Fire maupun PUBG Mobile pun sama sekali tidak ada kendala berarti.

Hanya saja, pengaturan yang dapat dimaksimalkan masih terbatas di level standar.

Respon game selama bermain pun masih aman-aman saja, apalagi realme C35 juga sudah mendukung sensor Gyroscope.

Lantas bagaimana dengan isu terkait bodi yang panas saat bermain game?

Sepanjang pengujian, kami tidak menjumpai kondisi bodi perangkat yang panas berlebih. Semuanya masih terhitung standar dan normal.

Untuk yang masih penasaran dengan kinerja hardware realme C35, bisa melihat data benchmark yang dicapai menggunakan sejumlah aplikasi.

Dengan aplikasi AnTuTu v9.3.5 mengantongi skor 232.317 yang perinciannya untuk CPU 70.746, GPU 25.140, Memory 71.020 dan UX 65.411.

Untuk data benchmark lebih lengkapnya bisa dilihat pada gambar tangkapan layar berikut ini.

Benchmark

Baterai 5000 mAh Tahan Lama

Kurang seru rasanya jika berbicara performa tanpa menyinggung kinerja baterai. Di sektor sumber power ini, realme C35 mengandalkan baterai lithium berkapasitas 5000 mAh.

Kapasitas yang cukup besar untuk ukuran sebuah smartphone entry-level dan sesuai pula dengan karakteristik C Series realme.

Dukungan sistem manajemen power yang apik dari realme, baterai yang tertanam di bodi ini mampu menyediakan daya tahan penggunaan yang panjang.

Selama pengujian, baterai realme C35 bisa bertahan selama satu hari penuh dalam sekali pengisian penuh.

Oiya untuk kondisi pengujian perangkat digunakan secara normal seperti bermain sosmed, browsing dan sesekali streaming video YouTube.

Berdasarkan hasil uji realme Lab sendiri, perangkat ini diklaim bisa bertahan selama 39 hari dalam keadaan standby

Sebagai informasi, terkait manajemen power ini smartphone ini sudah dibekali Mode Super Hemat dimana penggunaan normal bisa mencapai 50 jam untuk standby, 1,89 jam nelpon, 3,65 jam mendengarkan Spotify dan hampir 1 jam ngobrol di WhatsApp dengan level baterai 5% saja.

Poin plusnya, realme C35 juga sudah didukung teknologi pengisian baterai cepat dengan daya 18 Watt. Jadi, untuk yang mobilitasnya tinggi setidaknya bisa menghemat waktu pengisian baterai.

Kesimpulan

Untuk yang sedang mencari smartphone baru di rentang harga 2 jutaan sebagai hadiah lebaran, realme C35 merupakan pilihan yang paling direkomendasikan.

Selain dibanderol dengan harga terjangkau, perangkat ini juga menawarkan tampilan yang sangat stylish dengan Dinamic Glowing Design. Cocok sekali untuk yang hobi me-matching-kannya dengan fesyen.

Kehadiran kamera 50MP dan performa mumpuni di kelas entry-level menjadi poin penting lain yang menjadikan realme C35 ini layak untuk dimiliki.

Bagi yang tertarik dan ingin mendapatkannya, perangkat ini tersedia secara luas di realme Brand Store seluruh Indonesia dengan harga Rp 2.199.000 untuk memori 4GB/64GB dan Rp 2.399.000 untuk memori 4GB/128GB.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments