Review Singkat ASUS TUF Gaming A15 (2022), Laptop Gaming dengan Performa Maksimal

ASUS TUF Gaming A15

thePONSEL.com – Berbarengan dengan peluncuran ROG terbaru, ASUS juga menghadirkan serii paling anyar dari lini TUF Gaming yaitu ASUS TUF Gaming A15 (FA507).

Seri ini diklaim sebagai laptop gaming untuk gamer yang menginginkan sebuah laptop gaming yang memiliki performa maksimal dan dibanderol dengan penawaran harga terbaik di kelasnya.

Di tahun 2022 kali ini TUF Gaming A15 2022 tidak hanya sekadar dibekali dengan hardware yang powerful, tetapi juga fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman gaming secara keseluruhan.

“Tidak hanya tampil dengan desain baru yang lebih menarik, TUF Gaming A15 juga dibekali dengan hardware generasi terkini serta fitur modern. Semua itu kami hadirkan agar semua gamer dapat merasakan pengalaman bermain game layaknya menggunakan laptop gaming premium,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Tetap Tangguh dengan Desain Baru

ASUS TUF Gaming A15 2022 kini hadir dengan desain baru Bernama Jaeger Gray.

Desain bodi terbaru tersebut terinspirasi dari tema mecha anime yang sejalan dengan konsep TUF Gaming A15, yaitu tangguh dan stylish.

TUF Gaming A15 kini juga dibekali dengan desain lampu indikator baru serta touchpad yang lebih besar untuk control yang lebih nyaman.

Bezel layarnya kini juga tampil lebih tipis yaitu hanya 4,25mm di bagian samping dan 7,6mm di bagian atas layar.

Sama seperti pendahulunya, TUF Gaming A15 kembali tampil dengan desain yang tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Desain baru TUF Gaming A15 juga hadir dengan desain ventilasi udara baru yang lebih optimal untuk sesi gaming jangka Panjang.

Powerful dengan Hardware dan Fitur Baru

ASUS TUF Gaming A15 diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 30 Series.

Padanan antara prosesor performa tinggi dan chip grafis generasi terbaru tersebut dapat menjamin performa gaming luar biasa pada seluruh judul game yang ada.

Seperti teknologi yang tersedia pada laptop gaming mutakhir ASUS di 2022 ini, seluruh seri TUF Gaming 2022 termasuk TUF Gaming F15 (FX507) juga menggunakan MUX Switch.

Sebagai gambaran, pada banyak laptop gaming modern, transmisi data dari GPU dihantarkan melalui integrated graphics sebelum menuju ke layar.

Metode ini menawarkan performa baterai yang lebih baik. Namun demikian, dampaknya adalah GPU jadi terhambat saat akan menghantarkan seluruh kemampuan yang dimilikinya.

Lewat software Armoury Crate, laptop TUF Gaming terbaru memungkinkan pada gamer untuk beralih antara metode konvensional atau menggunakan GPU mode yang mampu mereduksi latency dan meningkatkan performa rata-rata hingga 5 sampai 10 persen.

Baca:   Nexcom NC329, Replika BlackBerry Torch Harga Rp 450 Ribuan

Pendinginan yang Ditingkatkan

Hardware performa tinggi mendesak adanya pendinginan yang superior.

Sebagai bagian dari sistem pendinginan, Arc Flow Fans pada ASUS TUF Gaming A15 memiliki desain 84 bilah kipas, dengan masing-masing blade memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Dengan mengatur ketebalan tiap-tiap blade hingga ketebalan 0,1 milimeter di ujung bilah, turbulensi bisa direduksi dan pada saat yang sama dapat meningkatkan aliran udara secara keseluruhan.

Meskipun ia menjadi sedikit lebih senyap dibandingkan dengan TUF Gaming keluaran tahun lalu, kipas-kipas tersebut menyediakan 13% aliran udara yang lebih banyak dibanding generasi sebelumnya.

Tujuannya tentu adalah untuk mendinginkan hardware yang ada di dalamnya.

Game-game AAA membutuhkan tampilan dengan refresh rate yang tinggi dan ASUS TUF Gaming A15 menjadi pilihan tepat untuk semua penikmat game yang membutuhkan spesifikasi mumpuni ini.

Ia memungkinkan pergerakan di dalam game menjadi lebih mulus, sehingga pemain bisa melacak pergerakan lawan dengan presisi.

Kualitas Audio Terbaik di Kelasnya

Menyempurnakan pengalaman gaming, ASUS TUF Gaming A15 dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos untuk pengalaman audio dahsyat, surround 360 derajat serta virtual 5.1.2 channel.

Baik menggunakan headphone atau speaker laptop, teknologi Dolby Atmos sanggup meningkatkan pengalaman immersive dengan efek suara berlapis yang dapat dioptimalkan lebih lanjut lewat sejumlah mode preset untuk movie dan game.

Bagi yang sedang tidak bermain game, namun melakukan video conference atau livestreaming, ASUS TUF Gaming A15 2022 juga menyediakan fitur Advanced Two-Way AI Noise Cancelation yang aktif baik untuk upstream dan downstream.

Artinya, noise dari input microphone kita dan suara yang datang dari lawan bicara sudah disaring.

Pengaturan audio juga bisa dikustomisasi berdasarkan aplikasi, sehingga pada aplikasi tertentu, seperti voice chat, Anda akan mendapatkan pengalaman komunikasi yang jernih, tanpa mengganggu pengaturan audio di dalam game yang Anda mainkan.

Teknologi noise-cancelling ini juga dijalankan oleh CPU, sehingga GPU dapat tetap fokus ke performa gaming.

Harga dan Ketersediaan

ASUS TUF Gaming A15 2022 sudah tersedia di pasaran tanah air dengan beberapa varian spesifikasi, banderolan harganya sendiri mulai Rp 17 jutaan.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments