Cara Check-in PeduliLindungi dari Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee

thePONSEL.comShopee menjadi salah satu mitra Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menghadirkan akses aplikasi PeduliLindungi dalam aplikasi Shopee.

Fitur ini memungkinkan pengguna Shopee yang memiliki NIK untuk melakukan scan QR Code pada waktu check-in dan check-out di lokasi publik langsung dalam aplikasi, tanpa harus mengunduh aplikasi lain.

Dapat digunakan sejak 2 Oktober 2021, fitur ini berada di laman depan aplikasi Shopee untuk memberikan pengguna akses yang cepat dan mudah.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menjelaskan upaya Shopee sebagai mitra strategis pemerintah. “Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukIndonesia, Shopee percaya bahwa kerja sama dan sinergi perlu dilakukan untuk bisa memperluas dampak positif dari berbagai inisiatif yang ada. Shopee senang dapat menjadi salah satu mitra Pemerintah Indonesia dengan menawarkan kemudahan akses aplikasi PeduliLindungi melalui platform kami, yang kini digunakan di 514 Kota dan Kabupaten se-Indonesia. Kami berharap kerja sama ini dapat mempermudah akses masyarakat pada aplikasi yang sangat krusial ini, terutama dalam upaya pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus Covid-19,” jelas Handhika.

Cara Check-in PeduliLindungi dari Shopee

Cara Check-in PeduliLindungi dari Shopee

Untuk dapat mengakses PeduliLindungi dalam aplikasi Shopee, pengguna hanya perlu mengklik logo PeduliLindungi yang berada di laman depan platform.

Pengguna lalu diminta untuk check-in dengan melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu.

Pengguna tinggal mengisi nama lengkap dan nomor KTP dan dapat melakukan scan kode QR yang biasa tertera di pintu masuk gedung atau fasilitas umum, sebagai syarat menuju ke area publik.

Aplikasi yang dikembangkan untuk melakukan pelacakan digital kasus COVID-19 ini memiliki banyak manfaat.

Di antaranya, untuk memberikan peringatan kepada pengguna jika berada di keramaian atau kawasan zona merah.

Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi sedang ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada pasien yang sedang dalam pengawasan.

Baca:   AI Palette OPPO Reno6 Bikin Feed Instagram Jadi Layaknya Influencer

Bagi pemerintah, aplikasi ini berfungsi sebagai pengawasan (surveillance) untuk mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar virus selama 14 hari ke belakang.

Melalui sistem yang terintegrasi di aplikasi PeduliLindungi, pemerintah dapat melacak data lokasi dan informasi secara digital.

Keamanan Data Pengguna

Untuk diketahui, fitur PeduliLindungi tidak menyimpan data pribadi di aplikasi mitra, melainkan hanya meneruskan data pengguna ke sistem PeduliLindungi dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk melakukan validasi NIK.

Dalam aplikasi mitra, data tidak disimpan di server mitra serta tidak dapat menyimpan data lokasi saat check-in dan check-out ataupun meneruskan ke sistem lainnya.

Sebagai mitra Kementerian Kesehatan, Shopee juga menerapkan kebijakan manajemen risiko yang kuat dalam hal operasional.

Shopee juga telah bersertifikat ISO/IEC 27001:2013 terkait persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi dalam konteks organisasi.

Shopee juga menerapkan sistem keamanan yang sesuai dengan regulasi pemerintah dan berstandar global sesuai perkembangan teknologi terkini.

Shopee juga memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna bertransaksi dengan aman, seperti fitur keamanan berlapis, otentikasi wajah dan sidik jari, serta tim Customer Service yang siap siaga selama 24 jam untuk menanggapi permintaan pengguna.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 4546 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di [email protected]
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments