XL Techno Camp 2008, Manfaat TIK pada Keluarga

XL Techno Camp

thePONSEL.com – Kebutuhan atas teknologi komunikasi dan informasi (TIK) kian dirasakan semua kalangan. Bahkan, manfaatnya pun bisa dimanfaatkan oleh keluarga, terutama untuk menunjang pendidikan anak, serta hiburan. Untuk itu, PT Excelcomindo Pratama, Tbk. (XL) berkolaborasi dengan Majalah Selular mengadakan Program XL Techno Camp 2008.

Acara yang berlokasi di Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango – Sukabumi, 21-22 Juni 2008 ini, dihadiri lebih dari 100 peserta, dari 50 keluarga.

Masing-masing keluarga menyertakan anak-anak mereka yang berusia 5-12 tahun. Mereka menginap di dalam tenda yang didirikan di lokasi perkemahan pinggir hutan dengan pemandangan elok dan udara sejuk.

”Manfaat positif teknologi komunikasi dan informasi itu sangat banyak, termasuk bagi keluarga terutama dalam menunjang pendidikan anak-anak. Melalui kegiatan ini, XL berharap bisa ikut mendorong pemerataan pemanfaatan TIK bagi keluarga Indonesia. Apalagi ini sesuai dengan Program CSR XL yang mendorong pendidikan dengan memanfaatkan TIK,” kata GM Corporate Communication XL, Myra Junor.

Pada kesempatan tersebut XL mengenalkan sejumlah layanan nilai tambah (VAS) yang bermanfaat bagi keluarga. Salah satu layanan tersebut antara lain Where Are You yang dapat dimanfaatkan oleh para orang tua dalam memantau keberadaan anak-anaknya dari kejauhan. Pengenalan teknologi ini dipraktekkan langsung oleh peserta di lokasi perkemahan di mana sinyal XL sangat bagus diterima.

Baca:   Paseban Luncurkan Layanan Social Learning dan Social Commerce

Petualangan yang dilakukan dalam perkemahan ini berupa pencarian obyek tertentu di antaranya berupa tumbuh-tumbuhan yang berada di sekeliling danau Situ Gunung yang berada di pinggir hutan dan banyak semak belukar. Untuk bisa menemukan obyek-obyek yang dimaksud, kelompok-kelompok peserta, harus dapat memanfaatkan teknologi GPS yang menjadi fasilitas pesawat ponsel yang disediakan panitia. Sebelumnya, panitia telah membekali peserta dengan pengetahuan tentang GPS dan memberikan titik koordinat obyek-obyek yang harus dicari.

Anak-anak dan para orang tua kemudian bekerja sama mencari obyek dengan panduan GPS, yang bagi sebagian besar peserta adalah hal yang baru sama sekali. Berbagai pertanyaan pun muncul dari anak-anak dan orang tua tentang manfaat GPS bagi kehidupan sehari-hari dan bagaimana caranya mendapatkan fasilitas ini.

Techno Champ 2008 ini merupakan program pertama yang dirancang oleh Majalah Selular. Rencananya, program ini akan dilaksanakan rutin setiap tahun. Peserta perkemahan angkatan perdana ini dinamakan Generasi 3G.

votes
Article Rating
Share this:
About thePONSEL.com 4711 Articles
thePONSEL.com merupakan portal informasi yang membahas seputar gadget, smartphone, laptop, kamera, aplikasi, game serta lifestyle. Silakan kontak kami di [email protected]
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments