Instagram Kini Bisa Menampilkan NFT di Koleksi Digital

Koleksi Digital

thePONSEL.com – Mulai minggu ini, beberapa kreator dan kolektor terpilih dapat membagikan koleksi digital mereka secara gratis di Instagram.

Peluang baru dari teknologi teknologi blockchain ini, memungkinkan para kreator dapat memanfaatkan fitur baru untuk memperoleh penghasilan.

Para penggemar pun dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli koleksi digital, baik berupa seni, gambar dan video, hingga music, sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).

Kreator menggunakan teknologi baru seperti NFT untuk memiliki kendali lebih atas karya mereka, menjalin hubungan dengan penggemar, serta memonetisasi koleksi digital mereka.

Meta terus mempelajari hal-hal baru yang kreator lakukan supaya bisa terus membantu menciptakan lebih banyak peluang monetisasi serta menghadirkan NFT ke audiens yang lebih luas.

Meta mulai menguji koleksi digital dengan beberapa kreator dan kolektor di Amerika Serikat.

Mereka dapat membagikan NFT yang telah mereka buat atau beli di Instagram, dengan beberapa dukungan fitur baru.

  • Menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram.
  • Berbagi koleksi digital. Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.
  • Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).
Baca:   5 Fitur Baru Truecaller Versi 12, Ada yang Menarik Loh

Untuk menyediakan fitur ini, Meta mengumpulkan dan mengatur data publik dari blockchain terbuka, seperti Ethereum.

Dari data blockchain publik ini, Meta hanya dapat mengidentifikasi koleksi mana yang menjadi milik kolektor dan kreator ketika mereka menghubungkan dompet pihak ketiga mereka ke Instagram.

Mulai sejak peluncuran, blockchain yang akan didukung adalah Ethereum dan Polygon; Flow dan Solana akan menyusul hadir.

Dompet pihak ketiga yang kompatibel untuk digunakan akan mencakup Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet; Coinbase, Dapper, dan Phantom akan segera hadir.

Langkah ini penting bagi misi Meta dalam memberdayakan lebih banyak orang dan kelompok yang kurang terwakili untuk memiliki akses ke aset digital seperti NFT.

Dengan membangun dukungan untuk NFT, Meta bertujuan untuk membantu menjadikan ruang NFT lebih inklusif bagi semua komunitas.

Penting juga bagi Meta untuk menjaga Instagram sebagai tempat yang aman bagi semua orang.

Oleh karena itu, masyarakat dapat menggunakan fitur-fitur Instagram untuk menjaga keamanan akun mereka dan melaporkan koleksi digital yang bertentangan dengan pedoman komunitas kami.

Meta juga memahami bahwa teknologi blockchain dan NFT menimbulkan pertanyaan penting tentang keberlanjutan.

Meta akan membantu mengurangi dampak emisi yang mungkin terkait dengan tampilan koleksi digital di Instagram dengan membeli energi terbarukan.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments