IDNFT Academy, Program Sekolah NFT Pertama di Indonesia

IDNFT Academy

thePONSEL.com – Salah satu komunitas NFT terbesar di Indonesia, IDNFT, menggelar program sekolah NFT pertama di Indonesia, IDNFT Academy.

Program belajar NFT dan Web 3.0 ini sedianya akan diselenggarakan selama bulan April hingga Juni 2022.

“Di tengah maraknya tren NFT di Indonesia, kami ingin memfasilitasi sesama kreator tanah air untuk dapat masuk ke ekosistem digital masa depan dan bersaing dengan kreator mancanegara. Untuk itu, kami menghadirkan Program IDNFT Academy sebagai wadah saling berbagi untuk para kreator Indonesia yang ingin belajar NFT dan Web 3.0 mulai dari dasarnya. Tidak hanya ilmu pengetahuan dasar, melalui program ini para kreator seni juga bisa belajar soal membuat karya NFT langsung bersama para pakar, bahkan berkesempatan untuk memamerkan karya mereka ke komunitas NFT dan kolektor di kancah internasional,” ujar Budi Santosa, Pendiri Indonesian NFT Community (IDNFT).

Terdapat 5 bidang seni yang akan masuk dalam kategori IDNFT Academy, yaitu visual 2D, 3D, fotografi, animasi atau motion, hingga musik.

IDNFT Academy akan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan dengan rangkaian kegiatan mulai dari Kickoff Session, NFT Class, Coaching Session, Mint Fund & Workshop hingga Metaverse Exhibition.

Akan hadir lebih dari 50 pembicara dan coach berpengalaman di bidangnya, seperti Ghozali Everyday, Sheryl Sheinafia, Arnold Poernomo, Dennis Adhiswara, Govinda Rumi, Diela Maharani, dan masih banyak lagi.

“Saya senang sekali dapat mengambil bagian di acara IDNFT Academy untuk saling berdiskusi bersama rekan-rekan kreator Indonesia lainnya. Di tengah perkembangan NFT tanah air dan peluang bisnis yang dibawa oleh tren tersebut, masih banyak kreator Indonesia yang belum memahami harus memulai dari mana. Oleh karena itu, saya berharap IDNFT Academy dapat menjembatani rekan-rekan kreator yang ingin masuk ke ekosistem NFT, sehingga semakin banyak kreator tanah air berkualitas yang dapat bersaing dengan kreator mancanegara dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif tanah air,” ungkap Ruanth Chrisley, Founder Metarupa.

Sesi Kickoff yang akan diselenggarakan pada bulan April merupakan acara diskusi via Twitter Spaces, YouTube Live, dan Instagram Live untuk menceritakan seputar program IDNFT Academy.

Baca:   LinkAja Resmi Jadi Alat Pembayaran Transjakarta

Setelah itu, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan NFT Class yang akan diselenggarakan pada bulan April dan ditujukan bagi kreator terpilih.

NFT Class merupakan rangkaian kelas pembelajaran seputar dunia NFT dan Web 3.0, dari teori hingga praktik.

Kelas ini bersifat publik, tetapi peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Bagi peserta terpilih, selain dapat menghadiri kelas, mereka akan mendapatkan materi dan modul eksklusif yang bisa mereka pelajari.

Selanjutnya Sesi Coaching yang diselenggarakan pada bulan Mei.

Sebanyak 150 kreator terpilih dari NFT Class akan mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan para kreator senior di dunia NFT sesuai dengan bidang tujuan mereka, yaitu bidang 2D, 3D, animasi, fotografi, dan musik.

Setelah itu akan ada sesi Mint Workshop yang juga diselenggarakan pada bulan Mei.

Beberapa kreator terpilih dari NFT Class dan Sesi Coaching akan mendapatkan dana modal dan kesempatan pelatihan untuk melakukan minting karya NFT (pertama) mereka, dipandu langsung oleh para pakar dari perwakilan blockchain dan juga marketplace.

Acara terakhir merupakan Exhibition yang akan diselenggarakan pada bulan Juni.

Di acara ini, karya-karya terpilih para kreator dari seluruh rangkaian IDNFT Academy, akan dipamerkan secara virtual di Metaverse Gallery untuk dipromosikan ke komunitas-komunitas NFT dan para kolektor secara internasional.

IDNFT Academy diselenggarakan secara gratis serta bekerja sama dengan berbagai komunitas, kreator, kolektor hingga platform blockchain untuk saling berbagi ilmu, demi kemajuan ekosistem NFT dan Web 3.0 Indonesia.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments