Mengenal Layanan VMware Cross-Cloud, Apa Saja Keunggulannya?

VMware Cross-Cloud

thePONSEL.com — Di gelaran VMworld 2021, VMware, Inc. meluncurkan layanan VMware Cross-Cloud sebagai salah satu bentuk strategi baru perusahaan dalam menghadirkan dukungan kepada pelanggan untuk mengantisipasi hadirnya era baru multi cloud di masa kini.

Layanan VMware Cross-Cloud berupa sejumlah layanan terintegrasi yang mampu menghadirkan pijakan yang cerdas bagi perusahaan-perusahaan digital dalam bertransformasi menuju cloud.

“Multi cloud diprediksikan akan menjadi model bisnis digital hingga 20 tahun ke depan, karena makin banyak industri yang bertransformasi,” ucap Raghu Raghuram, chief executive officer, VMware.

Layanan ini juga dilengkapi dengan beragam kapabilitas untuk membangun, menjalankan, serta menerapkan keamanan aplikasi apapun jenis cloud yang digunakan, secara lebih leluasa dan fleksibel.

Saat ini, diperkirakan bahwa sebuah perusahaan menjalankan rata-rata 500 aplikasi untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka, dan dari sekian banyak aplikasi tersebut letaknya tersebar di beragam jenis cloud.

Sebanyak 75% pelanggan VMware yang mengandalkan pada dua jenis atau lebih layanan public cloud, bahkan 40%-nya menggunakan tiga jenis atau lebih.2

Pendekatan multi cloud mampu meningkatkan kecepatan dan inovasi aplikasi, sehingga perusahaan bisa lebih gesit dan makin tangguh.

Baca juga:   Mengenal Sistem Keamanan Smartphone Tercanggih, Samsung Knox Vault

Namun demikian, lingkungan multi cloud yang menerapkan beragam jenis cloud tentu jauh lebih kompleks dan terdistribusi dalam pengelolaannya.

“Pendekatan ‘cloud-first’ akan mulai ditinggalkan. Organisasi akan beralih menerapkan pendekatan ‘cloud smart’. Organisasi-organisasi mendambakan keleluasaan dalam memilih cloud yang “tepat” bagi mereka berdasarkan pada perhitungan strategi bisnis yang hendak mereka capai. Pendekatan cloud-agnostic yang kami terapkan mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, saat ini maupun nanti. Kami berikan kuasa kepada organisasi agar mereka dapat mempercepat inovasi dan memiliki kontrol atas diri mereka sendiri di era multi cloud ini,” ungkap Raghu.

Timbulnya kompleksitas ini acap kali membuat perusahaan direpotkan untuk selalu menimbang-nimbang di antara dua hal berikut ini mana yang perlu mendapat prioritas: bisa melaju dengan gesit atau bisa mengelola risiko.

Ini tentu membuat proses eksekusi bisnis menjadi lamban, biayapun melonjak.

Strategi yang diusung oleh VMware ini mampu membantu pelanggan mengatasi tantangan dan pilihan sulit tersebut, yakni dengan menghadirkan sekaligus keleluasaan dan kendali atas bisnis yang dibangun di lingkungan multi cloud.

Baca juga:   Erajaya Leasing Fair Tawarkan Kemudahan Pembayaran Cicilan

Layanan VMware Cross-Cloud untuk Semua Aplikasi

Layanan VMware Cross-Cloud menghadirkan tiga keunggulan utama agar pelanggan sukses menghadapi era baru multi cloud, yakni mendorong percepatan dalam suksesnya perjalanan mereka ke cloud, biaya yang terjangkau, serta menghadirkan fleksibilitas dan kontrol atas apapun jenis cloud yang mereka gunakan.

Layanan VMware Cross-Cloud dilengkapi dengan serangkaian kapabilitas yang luas, yang juga terdapat pada portofolio produk-produk VMware untuk dunia multi cloud.

Nantinya, pelanggan bisa memilih sendiri layanan yang mereka butuhkan untuk apapun jenis lingkungan cloud yang digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis yang makin dinamis.

Berikut lima ranah yang menjadi garis besar inovasi dalam layanan VMware Cross-Cloud tersebut:

  • Platform canggih untuk membangun dan menggelar aplikasi-aplikasi cloud natives;
  • Infrastruktur cloud untuk mengoperasikan dan menjalankan aplikasi-aplikasi enterprise;
  • Sistem manajemen cloud yang mampu memonitor dan mengelola performa dan biaya seluruh aplikasi di beragam jenis cloud yang digunakan;
  • Keamanan dan jaringan yang meliputi seluruh operasi multi cloud sehingga mampu terkoneksi sekaligus melindungi keamanan seluruh apliaksi yang ada dengan lebih baik;
  • Digital workspace yang mampu mendukung kinerja bagi karyawan-karyawan yang bekerja dari berbagai lokasi berbeda bersama solusi-solusi edge untuk menggelar sekaligus mengelola aplikasi-aplikasi edge-native.
Baca juga:   6 Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Perlu Diketahui

Di perhelatan VMworld 2021, VMware juga mengumumkan sejumlah inovasi mutakhir yang mencakup layanan VMware Cross-Cloud, yakni meliputi:

  • Infrastruktur dan Manajemen Cloud: peluncuran inovasi-inovasi multi cloud mutakhir untuk membantu pelanggan beralih ke cloud lebih cepat dan aman, mengakselerasi dalam melangsungkan modernisasi aplikasi, dan pengadopsian model operasi cloud yang lebih baik.
  • Apps: peluncuran sejumlah peningkatan pada portofolio VMware Tanzu yang memberikan otonomi kepada pengembang untuk membangun dan menggelar aplikasi-aplikasi di segala jenis cloud yang digunakan.
  • Edge: memperkenalkan VMware Edge, sebuah porfotolio produk yang mampu mendukung keseluruhan produk tersebut dalam menjalankan dan mengelola aplikasi-aplikasi edge-native, apapun jenis cloud yang digunakan dan di manapun aplikasi-aplikasi tersebut ditempatkan.
  • Keamanan dan Jaringan: pengumuman serangkaian inovasi di sisi keamanan dengan menghadirkan arsitektur Zero Trust secara end-to-end, baik di dalam maupun di seluruh jenis cloud maupun lingkungan aplikasi yang beragam
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments