VMware Edge Hadirkan Konsep Baru Solusi Edge Native

VMware Edge

thePONSEL.com – Dalam gelaran VMworld 2021 beberapa waktu lalu, VMware juga sekaligus meluncurkan VMware Edge.

Sebuah portofolio produk yang akan mendukung organisasi dalam menjalankan, mengelola, serta menerapkan keamanan secara lebih baik di aplikasi-aplikasi edge native yang terdapat di berbagai macam lingkungan cloud, baik yang lokasinya berada di near edge maupun far edge.

“Aplikasi edge native kini menjadi satu jenis workload baru yang kian pesat pertumbuhannya. Workload ini harus dijalankan di edge agar menampilkan kinerja yang sesuai harapan. Teknologi seperti AR/VR, kendaraan terkoneksi, hingga immersive gaming kini juga makin lumrah ditemui. Dari robot kolaboratif, armada drone, hingga digital twin, teknologi 5G mewujudkan semua itu menjadi nyata,” ucap Sanjay Uppal, senior vice president and general manager, Service Provider and Edge, VMware.

Edge Hadir dalam Konsep Baru

VMware mendefinisikan edge sebagai infrastruktur digital yang tersebar untuk menjalankan workload di berbagai lokasi yang berbeda, ditempatkan lekat dengan pengguna dan perangkat yang memproduksi dan menggunakan data.

“VMware menghadirkan fondasi yang tepercaya, yakni sebuah multi cloud edge, guna mendukung organisasi bermigrasi ke realitas edge mutakhir masa kini,” tambah Sanjay Uppal.

Kunci untuk menjalankan aplikasi edge native adalah ketika workload ditaruh di edge.

  • Workload edge native yang ditaruh di suatu lokasi di antara cloud dan lokasi pelanggan yang berjarak dan dihadirkan dalam bentuk layanan, maka ini disebut near edge
  • Workload edge native yang ditaruh di sebuah lokasi pelanggan yang jauh jaraknya namun terdekat jaraknya ke endpoint, maka ini disebut far edge.

Aplikasi-aplikasi edge native membutuhkan multi cloud edge, satu hal yang bisa menjahit semua yang mendasari layanan yang berjalan di atas jaringan penyedia layanan.

Sebagai contoh untuk koneksi privat, carrier 5G, network slicing dengan layanan yang ditempatkan di atasnya (contohnya SASE) dan abstraksi layanan komputasi untuk aplikasi-aplikasi edge.

Semua akan diorkestrasi oleh sebuah papan manajemen yang menghadirkan kapabilitas yang konsisten untuk observabilitas, instalasi, konfigurasi, operasi, hingga manajemen di seluruh lokasi edge yang digunakan.

Baca:   Smartphone Dimensity 1200 realme Meluncur Dalam Waktu Dekat

VMware Edge

Solusi VMware Edge dirancang sedemikian rupa untuk aplikasi-aplikasi edge native dan dengan performa yang unik serta mampu memenuhi tuntutan kebutuhan akan tingkat latensi.

Solusi-solusi VMware Edge meliputi:

  • VMware Edge Compute Stack, diperkenalkan di Vmworld 2021. Merupakan stack VM berbasis kontainer yang dirancang sedemikian rupa untuk mendukung organisasi dalam memodernisasi dan melindungi aplikasi-aplikasi edge native di far edge. VMware Edge Compute Stack nantinya akan tersedia dalam versi Standard; Advanced; serta Enterprise. VMware juga berencana untuk mengembangkan versi ringan dari VMware Edge Compute Stack untuk menghadirkan edge yang begitu ramping bagi aplikasi-aplikasi ringan lebih banyak lagi.
  • VMware SASE dilengkapi dengan sejumlah kapabilitas SD-WAN dengan serangkaian fitur keamanan yang dihantarkan di cloud, seperti cloud web security, zero trust network access, dan firewalling. Kapabilitas-kapabilitas tersebut akan dihadirkan dalam bentuk layanan baik di lokasi near edge maupun far edge oleh jaringan points of presence (PoPs) yang ada di tingkat global.
  • VMware Telco Cloud Platform telah menghadirkan solusi-solusi near edge bagi penyedia-penyedia layanan komunikasi terbesar di dunia dari bagian inti 4G/5G langsung ke radio access network (RAN). VMware memampukan mereka dalam menimpakan lapis layanan edge ke pelanggan sektor enterprise maupun konsumer, yakni dengan mendukung mereka memodernisasi jaringan yang melandasinya.

“Banyak teknologi transformatif, seperti 5G, SASE, open RAN, juga lainnya, menjadi konvergen di edge. Kini saat yang tepat bagi organisasi untuk membangun sebuah fondasi digital bagi infrastruktur edge mereka. Kepemimpinan VMware di kancah multi cloud dan aplikasi modern telah menempatkan VMware di posisi tersendiri atas kemampuannya dalam menghadirkan serangkaian solusi komprehensif yang membantu pelanggan mewujudkan kontinuitas bisnis, agilitas, dan menciptakan diferensiasi yang kompetitif di edge,” ucap Dave McCarthy, IDC Research Vice President, Cloud and Edge Infrastructure Services.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments