IMO B369, QWERTY Rp 500 ribu-an Fitur Komplit

IMO B369

IMO B369 bisa dibilang sebagai ponsel QWERTY termurah yang beredar di pasaran untuk saat ini. Wajar, banderolan harga yang dikenakan ke ponsel Dual On GSM ini hanya sekitar Rp 549.000. Namun, fasilitas yang dibawanya tak kalah dengan para seniornya di kelas yang sama yang rata-rata harganya masih di atas 1 juta-an.

Untuk tahap awal, ponsel ini bakal dilepas tanpa program bundling operator. Namun, berdasarkan bocoran dari pihak distributor, ada kemungkinan IMO B369 akan dipaketkan dengan salah satu operator tanah air.

Disain
Seperti kebanyakan ponsel online yang belakangan beredar, IMO B369 juga menerapkan model disain ala BlackBerry. Lebar dan sedikit bongsor. Hal ini memang dibuat untuk mengakomodasi keypad full QWERTY-nya. Namun dibanding yang lain, fisik B369 justru sedikit lebih mungil.

Imbasnya, struktur keypad jadi terasa sempit dan padat. Karena memuat 35 tombol karakter alfanumerik. Meski begitu, kontur dan karakter keypad QWERTY-nya tetap dibuat nyaman. Bentuknya sedikit menyembul khas keypad QWERTY kebanyakn, dengan jarak antar tombol yang terbilang rapat. Bahan plastik glossi yang digunakan untuk tombol ini terasa sedikit keras ketika ditekan. Namun, bantalan karet di lapisan dalamnya mampu meredam ketidaknyamanan itu dan mengubahnya menjadi responsif.

Di bagian atas keypad, tertanam panel navigasi. Dua tombol yang menunjukan kemampuan Dual On GSM-GSM, hadir di bagian paling kiri. Sebelah kanannya, ada power/end call dan home. Ada juga dua tombol softkey untuk mengakses menu. D-pad B369 menggunakan model konvensional empat arah plus tombol oke di sisi tengahnya.

Bagian belakang dihuni oleh slongsong kamera, mirror kaca (cermin) dan corong loudspeaker. Sisi kanan badi dihiasi tombol volume dan shutter kamera. Sementara kirinya, bercokol port charger, kabel data dan port 2.3mm audio jack.

Untuk slot kartu SIM, IMO B369 meletakannya di balik baterai. Posisinya sejajar dengan slot kartu tambahan microSD. Ketiga slot ini dilengkapi metal stainless sebagai wadah pelindung.

Baca juga:   Review EZVIZ C3X, Kamera Keamanan dengan Lensa Ganda

Interface
Bodi mungilnya juga berimbas pada ukuran layar yang tak selebar ponsel sejenis. IMO B369 hanya menanamkan lcd berukuran 1.8 inci. Sementara, layar yang digunakan dari jenis TFT 65.536 warna, 160×123 piksel. Lumayan terang dan jernih.

Untuk antarmuka, IMO B369 kembali mengakomodasi tampilan dan struktur menu ponsel online khas Cina. Penuh warna dengan ikon yang lumayan atraktif. Bahkan, Anda bisa mendapatkan struktur menu ala to day-nya Nokia.

Beberapa informasi terkait menu favorit yang tengah aktif, bisa tertampil di layar utama dengan baik. Di bagian atasnya berjajar ikon-ikon shortcut ke menu lain, dan bisa langsung diakses tanpa harus masuk ke struktur menu utama. Model ini kemungkinan masih akan dirubah pihak distributor, pasalnya barang yang diterima tim theponsel.com masih berupa prototipe.

Di struktur utama, IMO B369 menerapkan model menu grid,dengan karakter yang menunjukan fungsi dan kegunaan si menu dengan jelas. Menu turunan (sub-menu) yang disodorkan pun terbilang cukup mudah dicerna. Pasalnya, tampilannya sederhana yakni berupa list dengan struktur khas ponsel low end.

Network
Seperti disebutkan sebelumnya, IMO B369 menerapkan kemampuan Dual On GSM-GSM single standby, dengan frekuensi Dualband (900/1800 MHz). Artinya, dua kartu SIM yang dalam posisi ON jika salah satunya mendapat panggilan masuk, maka kartu satunya tidak bisa menerima panggilan. Dalam hal ini, si kartu akan mengirimkan nada sibuk ke penelpon. Beda halnya dengan ponsel yang menerapkan metode dual standby. Meski kartu 1 sedang menerima panggilan, kartu 2 tetap bisa menerima telpon masuk. Namun, untuk menjawab panggilan kedua Anda harus memberlakukan model hold.

Internet & Aplikasi Online
Hadirnya keypad QWERTY merupakan salah satu model dukungan untuk kemampuan online yang sejatinya jadi fitur unggulan IMO B369. Dengan keypad ini, Anda bisa dengan mudah mengakses akun facebook, menuliskan pesan wall atau sekadar menggonta-ganti status.

Baca juga:   TOOT Q302, Dual On Dual Camera Tampil ala Nokia C3

Namun, client facebook yang ditanamkan ke B369 hanya berupa link shotcut ke versi mobile facebook (m.facebook.com). Sama seperti kebanyakan ponsel online yang beredar di pasaran. Di sini, jalur data menjadi kunci utama lancarnya proses browsing. Beruntung, IMO B369 dilengkapi network data GPRS class 10. Kecepatan dan kestabilan dalam mengakses internet memang tetap tergantung dengan ketersediaan jaringan operator yang digunakan.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menggunakan GPRS ini untuk browsing internet lewat browser WAP bawaannya. Namun, untuk pengaturan profile, pihak pabrikan sudah mengisikannya dengan lengkap. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan operator yang Anda gunakan.

Selain browsing dan facebook, IMO B369 juga menyediakan layanan komunikasi murah via chatting. Aplikasi chatting yang sudah ditanamkan adalah eBuddy. Lagi-lagi, persoalan aplikasi chatting dan social networking pun masih dalam proses pembenahan. Kemungkinanya, berbagai aplikasi online pihak ketiga lain pun bakal dijejalkan melengkapi fitur yang jadi defaultnya.

Multimedia
Di sektor ini, IMO B369 tentunya tak jauh beda dengan ponsel di kelas yang sama. Mulai kamera, pemutar musik/video, radio FM serta beberapa buah game. Untuk kamera, B369 hanya menanamkan kekuatan VGA. Itu pun sebenarnya mengalami peningkatan performa di software. Sejatinya, platform hardware yang disupport IMO B369 hanya dibekali kamera berkekuatan 0,1 megapiksel alias CIF (352×288 piksel).

Soal hasil foto, tentunya masih apa adanya. Di sana-sini masih banyak dihiasi noise dan terlihat kurang terang. Tapi, lumayan yah untuk sekadar ada. Untungnya, kamera IMO B369 sudah memiliki kemampuan merekam video. Jadi, setidaknya ada nilai positif.

Beralih ke media player. IMO B369 bisa memutar audio berformat MP3 dan klip video 3gp/mpeg4. Interface playernya sih biasa saja. Tanpa dibekali kemampuan menampilkan informasi ID3Tag yang lengkap. Bahkan pengaturan audio lanjutan pun terasa biasa saja. Hanya ada beberapa pilihan equalizer dan kemampuan background playing.

Baca juga:   HT G78, Ponsel Hybrid 3 Kartu dan TV

Untuk output suara, loudspeaker ponsel ini bisa mengeluarkan audio yang cukup kencang. Namun, sedikit pecah jika digunakan dalam posisi volume maksimal. Buat yang ingin menikmatinya secara pribadi, bisa memanfaatkan headset bawaa. Namun, model portnya sudah menggunakan jenis 2.5mm. Jadi, lebih fleksibel ketika ingin menggunakan aksesoris headset.

Konektivitas & Memori
Sebagai ponsel online full multimedia, rasanya kurang pas jika jalur koneksi tak didukung sarana memadai. Beruntung, IMO B369 mengakomodasi penuh sisi ini. Bluetooth jadi model kanal koneksi yang paling gampang digunakan untuk bertukar file ke perangkat lain yang kompatibel. Ada juga, port kabel data yang modelnya serupa port kabel untuk keperluan teknisi di ponsel low end Nokia. Bentuknya lebih kecil dibanding miniUSB.

Buat menyimpan file, IMO B369 menyuntikan ruang internal sebesar 128MB dan 64MB (storage) hal ini sesuai dengan platform software yang digunakan, yakni MTK 6223c. Sebagai memori ekstra, disediakan slot kartu microSD.

Baterai
Standarnya, IMO B369 didukung oleh baterai lithium ion 650 mAh, yang bisa mendukung kehidupan ponsel selama 200-300 jam (standby) dan 3-5 jam (talktime). Untuk kekuatan baterai ini, pihak distributor kemungkinan bakal memingkatkan kapasitasnya.

Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSm (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM; Dimensi: 11,1×5,65×1,45 cm; Berat:96 gram: Layar: 1.8 inci, TFT 65.536 warna, 160×123 piksel; Transfer data: GPRS 10; Kamera: Ada, video recording; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3 player, Video player, radio FM, Platform MTK 6223c, Image viewer, Sound recorder, Phonebook 200 entri, facebook, Yahoo Messenger, Calendar, To do, Calculator, Alarm Clock, World clock, Currency converter, Stopwatch, E-book reader, File manager, Flight mode, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 650 mAh; Standby: 200-300 jam; Talktime: 3-5 jam


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

88 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments