Review Singkat Lenovo ThinkPad X1 Fold 16 Inci

Lenovo ThinkPad X1 Fold 16 Inci

thePONSEL.comLenovo mengumumkan PC generasi terbarunya, Lenovo ThinkPad X1 Fold 16 Inci, yang meredefinisi kategori PC layar lipat ciptaan Lenovo di tahun 2020.

ThinkPad X1 Fold baru ini dirancang untuk menawarkan performa PC penuh dengan luas layar yang lebih besar dan juga memelihara portabilitas luar biasa yang ditawarkan dari perangkat terobosan ini.

“Menciptakan PC layar lipat pertama di dunia merupakan tantangan teknologi yang sangat besar bagi kami. Mewujudkan peningkatan pada perangkat ini adalah suatu pencapaian yang nyata. Kami ingin generasi baru dari ThinkPad X1 Fold menjadi tolak ukur dari bagaimana produktivitas, kreativitas, dan hiburan yang premium,” ungkap Jerry Paradise, Vice President Commercial Product Center, Intelligent Devices Group, Lenovo.

Sebagai salah satu laptop 16-inci yang paling ringan dan serba bisa di dunia, generasi baru kali ini menghadirkan sebuah perangkat yang portabel dan juga kuat – dengan desain yang lebih mulus dan tipis yang dapat digunakan secara nyaman sebagai PC utama.

Meningkatkan sebuah PC dengan spek termutakhir di kategorinya memang tidak mudah, namun Lenovo berhasil melakukan itu.

Melalui kombinasi dari feedback para pelanggannya serta wawasan pengguna akhirnya, desain baru laptop ini memiliki layar lipat OLED 16-inci yang 22% lebih besar.

Sasisnya pun 25% lebih tipis, dan bezel yang lebih tipis mengelilingi layar untuk memproduksi tampilan yang premium dan ramping serta bingkai aluminium dan cover belakang yang 100% terbuat dari kain tenun yang berkualitas.

Ketika merancang perangkat generasi baru, ada keuntungan yang didapatkan dengan memelajari pengalaman pelanggan secara mendasar dan tren sosial dari masukan para pengguna saat ini.

Wawasan ini membantu Lenovo dalam mendefinisikan empat area utama di mana pengalaman yang diberikan haruslah sempurna, yakni performa, keyboard, layar, dan desain.

“Fondasi kuat kami terhadap desain, rekayasa, dan kemitraan kami yang luar biasa dengan Intel, Microsoft, dan mitra-mitra berharga lainnya yang tak terhitung membantu kami mewujudkan masterpiece teknologi yang serba bisa ini. ThinkPad X1 Fold baru meredefinisi kategori yang telah kami wujudkan di masa lalu,” tambah Jerry.

Performa Mumpuni

Ditenagai oleh Intel vPro, sebuah desain Intel Evo dengan prosesor hingga Intel Core i7 Generasi ke-12, dan Intel Iris Xe Graphics, generasi baru dari ThinkPad X1 Fold memberikan performa luar biasa dalam form factor layar lipat.

Ditambah dengan penyimpanan SSD hingga 1TB1 dan opsi memori hingga 32GB LPDDR5 yang berarti Windows 11 Home atau Pro akan berjalan dengan mulus terlepas dari mode penggunaan yang dipilih.

Pengalaman mengetik yang baik dan juga familiar pada PC utama seorang pengguna sangatlah penting.

Generasi baru dari ThinkPad X1 Fold menawarkan backlit keyboard opsional yang berukuran penuh, dengan TrackPoint dan haptic touchpad besar yang dapat bekerja secara terhubung atau terpisah dari PC tergantung pada mode yang digunakan.

Keyboard ini dapat terhubung secara magnetik pada setengah bagian bawah layar untuk mode laptop klasik yang memberikan pengalaman laptop 12-inci dengan performa penuh.

Tampilan Screen yang lebih besar berarti produktivitas akan bertambah, dan memfasilitasi gaya kerja hybrid secara lebih jauh dengan penekanan terhadap kebutuhan ruang layar yang luas.

Layar Lebih Luas

ThinkPad X1 Fold terbaru menghadirkan ruang yang jauh lebih luas, serta layarnya dapat beradaptasi menyesuaikan berbagai cara penggunaan perangkat sesuai dengan keinginan para penggunanya.

Panel layar lipat OLED dengan warna yang sangat cerah ini berukuran 16,3 inci dengan aspek rasio 4:3 yang menawarkan ruang maksimum dalam pengemasan yang ringan, dengan orientasi layar yang serbabisa baik dalam mode portrait ataupun landscape, dan tentunya juga dapat dilipat.

Layar ini dapat dikonfigurasi dengan pen yang terhubung secara magnetik memanfaatkan protokol Wacom.

Menakjubkannya, ThinkPad X1 Fold baru ini bisa menayangkan tayangan acara, film, dan olahraga dengan keterangan layar HDR hingga 600nits dan dalam Dolby Vision di perangkat yang mendukung.

Tampilan dan rasa nyaman dari suatu perangkat menjadi sangat penting seiring pengguna terus mencari desain yang dapat mengekspresikan ragam macam kepribadian serta dapat menciptakan hubungan emosional yang lebih mendalam dengan teknologi, di mana kedua hal ini seringkali menjadi pilar utama dari kehidupan sehari-hari para pengguna.

Merancang PC layar lipat dengan bezel yang lebih tipis, layar yang lebih besar dan keseluruhan perangkat yang lebih ramping tanpa mengorbankan ketahanan, tentunya tidak berjalan tanpa tantangan.

ThinkPad X1 Fold menampilkan bezel dengan ketipisan tidak lebih dari 10mm dan berukuran hanya 8,6mm jika tidak dilipat dengan ketipisan yang luar biasa jika dilipat yaitu hanya 17,4mm.

Seperti seluruh laptop ThinkPad lainnya, ThinkPad X1 Fold telah melalui metode pengujian ketat milik Lenovo ditambah dengan standardisasi MIL-STD-810H untuk memaksimalkan durabilitas dan kepastian dari kualitas yang dimiliki laptop ini.

Bahkan cover laptop ini yang terbuat dari 100% kain tenun daur ulang berkualitas telah melalui pengujian durabilitas dan reliabilitas.

Keserbagunaan maksimum tanpa harus repot

Lenovo terus berinovasi menciptakan lebih banyak mode penggunaan dan melalui perangkat inilah teknologi PC layar lipat termanifestasikan secara utuh.

ThinkPad X1 Fold generasi baru benar-benar membentuk masa depan baru dengan menyediakan screen real estate dan pengalaman menonton dari laptop 16-inci melalui layar yang terlipat setengah dari alternatif yang ditawarkan dari clamshell laptop pada umumnya.

Laptop ini dapat dengan mudah dilipat hingga menjadi sub-laptop berukuran 13-inci agar laptop menjadi ringan dan ramping untuk dibawa dan disimpan.

Desain inovatif ini membawa keserbagunaan yang luar biasa untuk mentransformasikan kebutuhan para penggunanya serta menghadirkan salah satu pengalaman komputasi paling menarik yang pernah dibuat.

Produktivitas, kolaborasi, konsumsi konten, membaca, menulis, editing, dan tujuan lainnya dapat dicapai dengan mudah dalam mode penggunaan apapun yang dirasa paling nyaman untuk dipilih.

Mode-mode yang diatur oleh interface Mode Switcher yang intuitif, antara lain:

  • Classic clamshell, atau mode laptop, menyediakan layar utama berukuran 12-inci dengan onscreen keyboard pada setengah bagian bawah layar, atau ThinkPad Bluetooth TrackPoint keyboard opsional yang berukuran penuh. Mode ini ideal untuk produktivitas penuh di tempat yang terbatas seperti pesawat, kereta, dan mobil.
  • Mode landscape, atau mode all-in-one, menghadirkan transformasi yang luar biasa. Tiba di destinasi tujuan, pengguna dapat membuka lipatan perangkat menjadi format landscape dengan stand dan menghubungkan laptop dengan keyboard – baik terhubung atau terpisah dari stand – untuk menciptakan laptop berukuran 16-inci fenomenal yang memudahkan multi-tasking secara efisien atau menampilkan presentasi yang memukau.
  • Mode portrait adalah fitur baru yang menarik para pengguna pada pengujian awal. Putar perangkat ke mode portrait dengan stand untuk layar 16-inci yang besar – terbukti sangat efektif untuk membaca dan mengedit dokumen panjang, membuka social feeds, website, dan tab lain secara bersamaan.
  • Mode book tidak butuh perkenalan lebih lanjut dalam teknologi layar lipat, namun mode ini sama luar biasanya ketika digunakan untuk membaca, yaitu dengan layar 16-inci yang dilipat setengah. Mode ini juga sangat produktif untuk proofreading artikel atau menelusuri publikasi digital.
  • Terakhir, mode tablet dapat digunakan dalam mode portrait atau landscape yang memudahkan interaksi kreativitas, atau interaksi bersama keluarga dan rekan kerja dengan bantuan magnetic pen dan layar yang didukung Dolby Vision untuk konsumsi konten.
Baca:   Review Singkat Sony FX3, Kamera Cinema Line Berdesain Ringkas

Diciptakan untuk membentuk masa depan

Perancang dan teknisi Lenovo bekerja tanpa henti untuk menciptakan generasi baru dari ThinkPad X1 Fold yang sekali lagi telah mentransformasikan kategori layar lipat.

Layar yang lebih besar membutuhkan desain ulang untuk engsel dan panelnya, di mana desain ulang ini menghasilkan engsel berbentuk bel yang memudahkan panel layar lipat OLED untuk dilipat secara datar baik pada posisi terbuka ataupun tertutup sehingga sistem engsel menjadi lebih tipis.

Lebih dari dua ratus bagian berpindah secara sinkron dalam desain engsel ini untuk memaksimalkan konsistensi dan ketahanan layar. Interface layar baru juga dikembangkan, di mana interface ini melipat area non-aktif yang meningkatkan ketahanan serta membuat bezel menjadi lebih tipis.

Hybrid shutter frame pada perangkat juga didesain ulang dengan keuntungan ganda dari ketipisan perangkat, yang menciptakan lebih banyak ruang untuk antena, dan menyederhanakan pekerjaan pengguna di lapangan.

Teknisi Lenovo juga mengembangkan lembaran grafit lipat yang berstatus patent-pending untuk mendistribusikan panas ke seluruh sistem dalam rangka menghasilkan desain tanpa kipas yang bertenaga luar biasa.

Desain dan teknik terobosan ini butuh dilengkapi dengan pengalaman pengguna yang luar biasa. Keyboard yang telah disebut sebelumnya meliputi TrackPoint Communications Quick Menu App yang dapat diklik, dan menawarkan akses cepat ke fungsi kamera dan mikorofon.

Namun, pada dasarnya ide dibalik penggunaan multi-mode yang sebenarnya menjadi kunci utamanya. Tiga port USB Type C, termasuk dua port Intel Thunderbolt 4, tersedia pada perangkat sehingga setidaknya dua port selalu dapat diakses dalam mode penggunaan apapun.

Prinsip yang sama juga berlaku pada speaker dan mikrofon, di mana tiga speaker Dolby Atmos terpasang dan dua speaker akan selalu aktif menjaga suara stereo.

Selain itu, terdapat twin dual microphone arrays yang salah satunya aktif bergantung pada mode yang digunakan, dengan Dolby Voice mengoptimalkan performa mikrofon dan speaker memanfaatkan teknologi audio spasial untuk pengalaman konferensi atau rapat virtual yang luar biasa.

Untuk memanfaatkan form factor unik dari ThinkPad X1 Fold baru, Lenovo menanamkan Visual Sensing Controller (VSC) dari Intel, sebuah chip yang ditenagai AI yang memastikan pengalaman penggunaan yang lancar terlepas dari bagaimana pengguna menggunakan perangkat.

Baik perangkat dalam mode portrait, landscape, ataupun laptop, VSC milik Intel secara otomatis mengelola pemanfaatan ruang pandang horizontal yang meningkat hingga 75 derajat pada kamera untuk mengambil keuntungan dari framing otomatis Windows 11.

Smart sensing pada perangkat yang membuat ThinkPad X1 Fold baru menjadi sangat peka dan responsif. Fitur “wake-on-approach” secara otomatis mengenali pengguna (dan hanya pengguna yang telah ditentukan) untuk membangunkan sistem secara instan dan siap untuk digunakan ketika pengguna mendekati perangkat dan ketika dikombinasikan dengan Windows Hello – menawarkan zero-touch login yang mudah.

Untuk keamanan tambahan, fitur “onlooker detection” mengabari pengguna jika ada seseorang yang mengintip perangkat untuk menjaga informasi pribadi mereka dan fitur “walk-away-lock” mengetahui kapan pengguna pergi dan mengunci sistem mereka untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.

VSC milik Intel menggunakan smart sensing untuk mengoptimalkan pengaturan layar dengan mengurangi refresh rates berdasarkan tipe konten dan menggunakan smart dimming untuk meminimalisasi tenaga ketika pengguna tidak secara aktif menggunakan layar.

Kemampuan ini dikombinasikan untuk membuat ThinkPad X1 Fold generasi baru menjadi lebih alami dan lebih interaktif.

Intel VSC membantu para pengguna untuk memiliki PC yang aman, responsif, imersif, dan bertenaga secara efisien tanpa mengorbankan performa, kualitas, atau masa hidup baterai dengan menggunakan smart sensing solutions untuk mengelola konsumsi tenaga dan menghadirkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan cermat.

Wawasan dari pelanggan dan teknik dasar yang dikombinasikan telah menciptakan salah satu pengalaman komputasi yang paling inovatif dan memikat.

Setiap fitur teknologi dan kegunaan terobosan telah diimplementasikan dengan mengutamakan pengalaman penggunanya.

Sebagai wujud komitmen untuk masa depan jangka panjang dari komputasi pribadi, Lenovo menepati janjinya melalui teknologi layar lipat.

Pembentukan masa depan dimulai hari ini dengan generasi baru dari ThinkPad X1 Fold.

Untuk ketersediaan dan harga, Lenovo ThinkPad X1 Fold mulai dipasarkan pada Q4 2022 dengan kisaran harga $2,499 atau sekitar Rp 37 jutaan.

Spesifikasi Lengkap

Key Specs:

ThinkPad X1 Fold
PerformanceProcessorsUp to Intel vPro with 12th Gen Intel® Core™ U9 i5 and i7 Processors
OSUp to Windows 11 Pro
MemoryUp to 32GB LPDDR5
StorageUp to 1TB PCIe Gen 4 SSD
GraphicsIntel® Iris® Xe Graphics
Displays16.3-inch (2024×2560) foldable OLED 600nit HDR/400nit SDR, DCI-P3 100%, Dolby Vision, On-cell Touch with Pen support
16.3-inch when open / 12-inch when folded
AudioDolby Atmos 3-speaker system (2 speakers work at any one time)
Dolby Voice enabled – 4x microphones (2x mics work at any one time)
Camera5MP RGB+IR with Intel VSC option
Battery48Whr (optional additional 16 Whr based on configuration)
65W AC Rapid Charge
SecurityChipTPM 2.0
PhysicalTouch Fingerprint Reader (on keyboard)
Windows Hello face login
ConnectivityPorts2 x Intel Thunderbolt 4
1 x USB-C 3.2 Gen 2
Nano-SIM card tray
WirelessWi-Fi 6E 802.11 AX (2×2)
Optional 5G Sub 6 (LTE supported)
Bluetooth® 5.2
DesignDimensions
(W x D x H)
Unfolded: 276.1 x 345.7 x 8.6mm (10.87in x 13.6in x 0.34in)
Folded: 176.4 x 276.2 x 17.4mm (6.9in x 10.87 x 0.68in)
WeightSystem: 1.28kg / 2.82 lbs
System with Keyboard and stand: 1.9kg / 4.19lbs
SustainabilityRecycled PET Woven Performance fabric cover
97% PCC recycled plastic used in speaker enclosure
97% PCC recycled plastic used in the 48 Whr and 16 Whr battery
At least 90% PCC recycled plastic used in standard 65-watt adaptor
Low-temperature solder
90% recycled and/or sustainable packaging
votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments